Grebeg Selo Desa Kupuk Kecamatan Bungkal Ponorogo, Lestarikan Budaya Demi Citra Bangsa

oleh -0 views

Grebeg Selo Desa Kupuk Kecamatan Bungkal Ponorogo, Lestarikan Budaya Demi Citra Bangsa

GINEWS ■ PONOROGO – Kreatifitas, Kekompakan dan kepedulian masyarakat Desa Kupuk sangat terlihat, dengan melestarikan kearifan lokal dan adat istiadat warisan leluhur sampai turun temurun sampai saat ini masih kental di lestariakn, seperti agenda tahunan yaitu ruawatan desa yang di kenal bersih Desa.

Saat ini agenda bersih desa Kupuk mengambil tema,“Lestarikan Budaya Demi Citra Bangsa”. Selain melestarikan budaya warisan leluhur juga demi kemajuan desa kupuk yang mandiri, kreatif dan sejahtera. Kekompakan dan semagat untuk meraih semua itu seakan tertuang saat ini dalam kegiatan bersih desa Kupuk Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo tahun 2019.

Dalam kegiatan tahunan yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat ini, dikemas dalam rangkaian kegiatan yang sangat meriah, mulai hari Sabtu tgl. 20 Juli hingga hari Kmis tgl. 25 Juli 2019. Pada kesempatan itu, Seluruh masyarakat berbagi kalangan mulai dari anak-anak, pemuda karang taruna, tokoh masyarakat, tokoh agama dan pemerintah desa semua cancut tali wondo, sak iyek sak eko proyo, menyemarakkan bersih desa Kupuk tahun 2019.

Dalam kegiatan bersih Desa Kupuk inilah seluruh kesenian yang di miliki Desa Kupuk di Pentaskan. Kegiatan yang di motori oleh Pemerintah Desa Kupuk, Karang Taruna dan tokoh masyarakat Desa Kupuk ini, berhasil menghipnotis puluhan ribu penonton dari berbagai kalangan di wilayah Kabupaten Ponorogo sampai dengan luar Ponorogo.

Menurut kepala Desa Kupuk, Agus Setyono, S. Pd. M. Pd menyampaikan bahwa kegiatan dalam rangka bersih Desa Kupuk diawali dengan kegiatan ziarah makan leluhur / sedekah bumi oleh masyarakat pada tanggal 20 /07, dilanjutkan pada 23/07 dengan kegiatan istighosah dan pengajian akbar pembicara Ust. Aiptu H. Sujarwo dari Polres Ponorogo, kemudian pada 24/07 diadakan Gelar Budaya mulai, Seni Reyog Ki Ageng Tunggul Wulung, Seni Unta Al Hidayah, tiga paguyuban Seni Gajah – gajahan, Gajah Ki Sentono, Gajah Ki Punjul dan Gajah Nyi Bendinatun, di lanjutkan dengan Seni kreasi jaranan Turonggo Wulung kolaborasi dengan Seni Musik The Loins dan puncaknya Pagelaran Wayang Kulit dilanjutkan ruatan Desa dengan kidalang Anom Dwuijo Kangko dari Surakarta bintang tamu dua pelawak kondang Joklutuk dan Joklitik.

Dalam kesempatan itu mendapatkan apresiasi oleh bupati Ponorogo, Drs. H. Ipong Muhlissoni bahwa Desa Kupuk sudah layak menjadi kampong Budaya dan sekaligus desa wisata unggulan di Ponorogo.

Dalam acara puncak bersih desa Kupuk di hadiri oleh Bupati Ponorogo, jajaran OPD Ponorogo, Para Dewan Terpilih, para Kepala Desa se- Kecamatan Bungkal dan Kepala Desa se – Kecamatan Slahung Ponorogo. Adapan kegiatan bersih Desa Kupuk yang mengambil tema, “Lestarikan Budaya Demi Citra Bangsa”, berjalan lancer dan sukses. (Tata Echa/Anang Sastro).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *