Tiga WNA Asal China Diamankan Pihak Keimigrasian Kelas III Menyalahi Izin Tinggal & Melakukan Aktifitas Tambang Di Bajo Barat

oleh -1 views

Tiga WNA Asal China Diamankan Pihak Keimigrasian Kelas III Karena Menyalahi Izin Tinggal Dan Melakukan Aktifitas Tambang di Bajo Barat

PALOPO Global Investigasi News — Tiga orang WNA asal China beserta dua WNI pendamping terpaksa diamankan pihak Imigrasi kelas III Kota Palopo,karena telah menyalahi izin tinggal dan melakukan aktifitas ilegal terkait penambangan ilegal di Sungai Bajo Desa Tettekang Bajo Barat Kabupaten Luwu, Selasa 30 Juli 2019.

Pelaku yang diamankan adalah Yuan Guan (61), Zhi Quan Li (67), dan Shi Chuan (47) ketiganya WNA Republik Rakyat China (RRC). Sedangkan WNI yang diamankan adalah Andy Kristianto (59) dan Rikky YY T Rantung (48).

Kepala Kantor Imigrasi Kelas III Palopo, R Haryo Sakti SH, melalui Kasubsi TI Inteldakim, Oktovianus Malisan SH kepada awak media di ruang kerjanya menerangkan, ketiga orang tersebut diduga menyalahi aturan ijin tinggal terbatas di Indonesia, yang dikeluarkan pihak Imigrasi Jakarta Utara.

“Harusnya yang bersangkutan melapor ke Imigrasi setempat (Palopo) sebelum melakukan aktifitas didalam negeri, sebelumnya memang sudah dipantau berdasarkan laporan warga, kami pantau per tanggal 29 Juli 2019 kemarin, yang bersangkutan menginap di salah satu hotel di Palopo,” ucap Okta.

Kasubsi TI Inteldakim juga menambahkan, ketiga WNA itu sudah 4 hari melakukan aktifitas penambangan liar di Sungai Bajo dengan menyewa excavator warga.

“Kami berkoordinasi dengan pihak lain, mereka di TKP bukan untuk mengambil sampel, karena kandungan emas di sana katanya masih kurang, tapi yang jadi bidang kami adalah soal pelanggaran ijin tinggal,” lanjut okto

“Kami kini menunggu arahan dari pimpinan terkait temuan pelanggaran ijin tinggal ini,” tambahnya

Pihak Imigrasi kini sudah mengamankan barang bukti berupa alat dulang, alat elektronik berupa kamera drone, hape satelit, terpal, sepatu boot, dan juga mobil Innova yang digunakan oleh kelima orang tersebut ( Fr 082)

Tiga WNA Asal China Diamankan Pihak Keimigrasian Kelas III Menyalahi Izin Tinggal & Melakukan Aktifitas Tambang Di Bajo Barat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *