Sinergisitas LSM Ampuh – KPLHI Kota Batam & Kepri Mengungkap Limbah Rumah Sakit Di Perumahan Permata Hijau

oleh -9 views

Sinergisitas LSM Ampuh dengan KPLHI Kota Batam dan Kepri mengungkap Limbah Rumah Sakit di Perumahan Permata Hijau

Batam, 01 Agustus 2019 Berawal dari Pemberitaan tertanggal 28 Juli 2019 oleh media Batam News tentang Penemuan Limbah B3 Medis di Perumahan Permata Hijau ketika ditemui awak media Globalinvestigasinews.co.id, 31/7/19 disekitaran Batam Center pada sore hari, Keterangan Budi Sitompul DPC LSM AMPUH (Aliansi Masyarakat Peduli Lingkungan Hidup) bahwa sebagai aktifis Peduli Lingkungan kami segera menulusuri asalnya limbah medis itu.

Limbah Medis tersebut apakah berasal dari Klinik? Apakah beasal dari Rumah Sakit? Yang pada inti persoalannya pihak-pihak terkait seharusnya tidak membuang sembarangan dan beradasarkan jenisnya harus dibakar atau dimusnahkan. Sebagaimana yang diketahui bahwa tempat pembakaran atau pemusnahan yang memiliki kapasitas besar adalah RSBP Batam dan RS Budi Kemuliaan, tutur Budi Sitompul.

Maka dari itu kami akan menulusuri asal limbah medis ini dari hasil temuan yang dilakukan oleh Azhari Hamid (Ketua KPLHI Kota Batam) bersama Evi Yuliana, SE (Ketua KPLHI Kepri) saat ke Lokasi bahwa ditemukan sebuah petunjuk Jarum Suntik yang tertera nama seorang Pasien. Nah inilah Tugas kami selaku pemerhati Lingkungan Hidup yang akan menelusuri “asal barang itu dan kemudian dikembangkan kepada transporter yang bekerja sama” Ungkap Budi Sitompul dari DPC LSM AMPUH Kota Batam.

Setelah ditemukan semua dari hasil penelusuran tersebut maka langkah selanjutnya kami sebagai Pemerhati Lingkungan Hidup akan menyurati, Somasi bahkan hingga kepada gugatan baik itu Perdata maupun Pidana Lingkungan Hidup ke Instansi Pemerintah Baik Dinas Kesehatan maupun Dinas Lingkungan Hidup Kota Batam sesuai dengan Data yang ditemukan. Disini LSM AMPUH Bersinergi dengan KPLHI Kota Batam dan Kepri untuk menangani masalah perusakan dan pencemaran Lingkungan Hidup yang terjadi di Kota Batam dan Kepri.

Dan ditambahkan oleh Azhari Hamid KPLHI Kota Batam, kita tetap terus menelusuri dari data pasien yang ada dan data lain yang dimiliki untuk mencari tau ini simpulnya dimana. Barang ini yang membuang itu transporternya kah, Klinik atau Rumah Sakit nya kah atau pihak lain yang tidak bertanggung jawab tanpa ada dokumen-dokumen pendukung yang membuang secara sembarangan dilokasi daerah pemukiman.

Ini sangat berbahaya apabila dengan tanpa sengaja melukai orang lain ataupun anak-anak yang sedang bermain di areal tersebut. “Yah alhamdulilah kita sudah mendapatkan sedikit titik terang data dan terus kami telusuri semoga ini berhasil ditelusuri sampai kami mendapatkan siapa sesungguhnya “pelakunya” tegas Azhari Hamid.

Sekali lagi “Apakah Rumah Sakit atau Kliniknya sebagai pelaku yang mungkin bisa saja karyawannya tanpa sepengetahuan pihak management Rumah Sakit atau Klinik, atau Transporternya yang tidak bertanggung jawab memberikan kepada pihak lain atau Ada Pihak ketiga yang menerima pekerjaan atau bekerjasama langsung ke pihak Rumah Sakit tanpa melalui prosedur penanganan yang benar” tutup Azhari Hamid.

Disamping itu di dalam Limbah medis saat dilokasi dijelaskan Azhari Hamid, ada pihak dari Rumah Sakit ada ditemukan beberapa bekas-bekas ampul-ampul dari Colagen, maupun jarum Akupuntur, dan yang pada umumnya terdapat botol bekas injeksi maupun selang yang menurut petugas dari dinas kesehatan penggunaan obatnya adalah untuk pasien yang menderita asam lambung dan orang-orang yang terkena stroke.
(Saut Barani)

Sinergisitas LSM Ampuh dengan KPLHI Kota Batam dan Kepri mengungkap Limbah Rumah Sakit di Perumahan Permata Hijau

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *