GIAT PENCEGAHAN DAN SOSIALISASI TENTANG BAHAYA KARHUTLAH

oleh -3 views

Pada hari Kamis tanggal 08 Agustus 2019 pukul 12.00 wib bertempat di ruangan Kemala Mustika Kec.Singkep Barat telah dilaksanakan SOSIALISASI TENTANG BAHAYA KARHUTLAH yang diselenggarakan oleh Polsek Singkep Barat.

GIAT PENCEGAHAN DAN SOSIALISASI TENTANG BAHAYA KARHUTLAH

A.Dihadiri oleh :

  1. Sekcam Singkep Barat, Bpk.Munzhilin Hasibuan.
  2. Kapolsek Singkep Barat, IPTU Idris SE.Sy,MH.
  3. Bhabinsa Desa S.Raya , Serda Junianter.
  4. Lurah dan Kepala Desa se-Kecamatan Singkep Barat.
  5. SPK Polsek Singkep Barat
  6. Kapolsubsetor dan Bhabinkamtibmas Polsek Singkep Barat
  7. Tagana Kab.Lingga , Bpk Herizal
  8. Satpol PP Kab.Lingga.
  9. Para kader Se Desa Kecamatan Singkep Barat.
  10. Tamu undangan sekitar 30 (tiga puluh) orang.

Susunan Acara :

  1. Pembukaan
  2. Sambutan dari Kapolsek Singkep Barat :
    a. Alhamdulillah pada siang ini kini dapat berkumpul bersama-sama di ruangan Kemala Mustika Kec.Singkep Barat untuk melaksanakan SOSIALISASI TENTANG BAHAYA KARHUTLAH di Singkep Barat.

b. Dalam kegiatan ini kita akan membahas tentang Kebakaran Hutan dan Lahan di Wilayah Kec.Singkep Barat.

c. Memasuki musim kemarau dimana dapat berpotensi terjadi kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) dan hal ini yang dilakukan untuk bekerjasama antara TNI-POLRI, Pemda dan masyarakat

d. Dari arahan Presiden RI pada hari Selasa tanggal 06 Agustus 2019 di Jakarta menegaskan dilarang nya melakukan pembakaran terhadap lahan/hutan yang disengaja maupun tidak disengaja.

e. _Ada 3 undang-undang yang mengatur Karhutlah :

  1. Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan hidup. Pada Pasal 108 menyebutkan, seseorang yang sengaja membuka lahan dengan cara dibakar dikenakan sanksi minimal 3 tahun dan maksimal 10 tahun serta denda maksimal Rp 10 miliar.
  2. UU Nomor 39 tahun 2014 tentang Perkebunan Pasal 56 Ayat 1, setiap pelaku usaha perkebunan dilarang membuka dan mengolah lahan dengan cara membakar.
    Pasal 108 , setiap pelaku usaha perkebunan sebagaimana dimaksud dalam pasal 56 ayat 1 pidana 10 tahun penjara dan denda 10 milyar.
  3. UU No 18 tahun 2013 atas perubahan UU No 41 tahun 1999 tentang kehutanan. Pasal 78 ayat 3,4 pelaku pembakaran hutan dikenakan sanksi 15 tahun kurungan penjara dendan 5 milyar.

f. Saya menghimbau kepada Lurah dan Kepala Desa Singkep Barat yang hadir pada siang ini agar menyampaikan/menghimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan membuka lahan perkebunan dengan cara membakar.

g. Mari kita lakukan sinergitas untuk penanganan Karhutlah khususnya di Kec.Singkep Barat

h. Kami mengajak kepada semua elemen masyarakat dan para tamu undangan untuk bersama-sama berperan aktif dalam menjaga lingkungan guna mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

i. Selanjutnya saya dengan Camat Singkep Barat akan berkordinasi menentukan tempat posko Pencegahan Karhutlah dan membuat group WA Satgas Karhutlah TNI – POLRI dan Pemerintah Daerah serta Media.

  1. Penutup
  2. Foto bersama.

Giat selesai pada pukul 13.00 wib, selama giat berlangsung situasi aman dan terkendali.

GIAT PENCEGAHAN DAN SOSIALISASI TENTANG BAHAYA KARHUTLAH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *