LSM Gempita Angkat Bicara, Ternyata Program Sanimas Di Sukajadi BKM Tidak Kenal KSM Kategori

  • Bagikan

Pandeglang – Aneh tapi benar-benar terjadi. Ternyata Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas) di Desa Sukajadi Kecamatan Carita Kabupaten Pandeglang yang pengerjaannya sedang berjalan beberapa minggu.
Kamis 08/082019

M Yaya selaku ketua LSM gempita DPD kabupaten Pandeglang angkat bicara,
Mencermati persoalan Sanimas Desa Sukajadi yang didanai Islamic Development Bank (IsDB) senilai Rp 425 juta, tugas pokok dan fungsi BKM diduga sudah jauh keluar dari Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 24/PRT/M/2016, halaman 25. Pertama BKM mengaku tidak kenal KSM justru BKM lah sebenarnya yang memfasilitasi pembentukan KSM dan KPP kemudian menyusun RKM bersama KSM, melibatkan tandatangan dari salah satu KSM di rekenintg, melakukan pencairan dana bantuan kepada PPK, dan membuat Buku Kas Umum berdasarkan laporan dan bukti yang dibuat KSM.

Artinya, bukan sebagai pengguna anggaran dan bukan sebagai pelaksana langsung sebagaimana yang terjadi di lokasi kegiatan, tutur M Yaya, Ketua LSM Gempita DPD Kabupaten Pandeglang.

Masih menurut M.Yaya, jika hal itu dibiarkan dan diliarkan BKM berjalan diluar rel jangan harap program tersebut dapat berjalan lancar bahkan tidak menutup kemungkinan proses kedepan timbul persoalan-persoalan baru yang erat kaitannya dengan penggunaan anggaran.

Maka dari itu harus diawasi oleh semua aspek terutam masarakat, pemerintah dan control social . Ungkapanya
Nuryahman

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: