Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq, Resmi Dianugerahi Gelar Adat “Pekkeng To Ri Rennuang Ri Luwu”

  • Bagikan

PALOPO Global Investigasi News – Pangdam XVI/Pattimura Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Marga Taufiq, resmi dianugerahi gelar adat “Pekkeng To Ri Rennuang Ri Luwu” yang berarti “Prajurit Harapan Orang Luwu”, oleh Datu Luwu XL Andi Maradang Mackulau Opu To Bau, di Istana Kedatuan Luwu, Senin (12/8/2019).

Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq, Resmi Dianugerahi Gelar Adat “Pekkeng To Ri Rennuang Ri Luwu”

Mayjen TNI Marga Taufiq mengatakan, gelar tersebut, merupakan simbol sekaligus wujud tanggung jawab sebagai putra Luwu.

Dengan darah Luwu yang masih mengalir, saya tidak akan pernah lari dari medan perang, secara fisik memang meninggalkan Luwu, namun secara batin dan pemikiran, tidak pernah terlepas dari Luwu,” ujar Marga Taufiq.

Dalam sambutannya, Maddika Bua Andi Syarifuddin Kaddiraja mengatakan, seluruh proses penentuan sampai pemberian gelar, telah melalui kesepakatan para Dewan Adat.

“Dengan gelar yang disandangnya, semoga tetap selalu mengingat Allah Swt,” harapnya.

Sementara itu, Walikota Palopo, HM. Judas Amir, mengharapkan persatuan dan kesatuan tetap terjaga.

“Mari kita bersatu melakukan yang terbaik sesuai kemampuan kita, dan tentunya selamat kepada Pangdam XVI/Ptm atas gelar yang telah disandangnya,” tutup Judas.

Acara tersebut diawali dengan penyambutan tarian Paduppa, dilanjutkan dengan prosesi Ri Papasangi, setelah itu penyerahan cinderamata, dan pembacaan riwayat gelar adat dan diakhiri prosesi Ritoana atau jamuan serta ramah tamah. (Fr 082 )

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: