Dusun Biru Desa Batenganga Kabupaten Polewali Mandar Terdapat Destinasi Wisata Alam

oleh -0 views

Kesibukan di kota dengan berbagai urusan, kerap membuat urat-urat syaraf jadi tegang. Ketegangan urat syaraf mungkin ini menjadi salah satu penyebab timbulnya berbagai penyakit, sehingga membutuhkan suasana segar, refreshing dan alam yang memanjakan.

Dusun Biru Desa Batenganga Kabupaten Polewali Mandar Terdapat Destinasi Wisata Alam

Kini di Dusun Biru Desa Batenganga Kecamatan Binuang Kabupaten Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat terdapat destinasi Wisata Alam, Rawa Bangun, asri, sejuk dan segar. Inilah tempat yang tepat untuk refreshing dengan alam yang memanjakan.

Lokasi Wisata Alam Rawa Bangun ini, hanya berjarak kurang lebih 10 kilometer dari Polewali, ibukota Kabupaten Polewali Mandar. Atau sekitar 15 kilometer dari Alun-alun Kota Polewali.

Di area Rawa Bangun ini banyak sekali pohon durian, pohon langsat dan pohon rambutan. Menambah asrinya wisata alam.

Menuju ke Wisata Alam Rawa Bangun, dari Kota Polewali, kita mengarah menuju arah Timur memasuki Jalan Poros Pinrang – Polman. Melewati jalan 2 arah yang tidak terlalu besar namun bagus. Meski tetap berhati-hati kalau mau mendahului kendaraan lain, banyak truk besar yang melintas di jalan ini.

Sekitar 12 kilometer berkendara dari Alun-alun, kita akan menjumpai pertigaan kecil. Ada jalan masuk ke kiri dan di sebelah kanannya ada Masjid Al-Muhajirin Amassangan.

Masuk ke dalam sekitar 3 kilometer di jalan kecil, melewati 1 perkampungan besar dan 1 perkampungan kecil menjelang sampai.

Menuju Rawa Bangun Polewali Mandar ini suasana asri masih terasa. Menjelang sampai, lebih banyak lagi pepohonan di kiri kanan jalan. Akan dijumpai tulisan ‘Selamat Datang Wisata Alam Rawa Bangun’. Ada penunjuk arah belok ke kanan untuk parkir kendaraan.

Wisata Alam Rawa Bangun memiliki luas sekitar 3 hektar. Memiliki fasilitas kolam memancing, kolam renang untuk anak-anak, permandian alam, musholla, dan lain-lain.

Juga ada tempat makan yang menawarkan kuliner lokal seperti ikan mas, ikan nila, ayam dan bebek. Bisa pilih digoreng atau dibakar.

Memasuki kawasan Rawa Bangun akan sangat terasa nuansa alamnya yang sejuk. Air kolam renangnya berasal dari aliran sungai yang segar. Ada 3 kolam ikan yang menampung kelebihan air yang meluap dari kolam renang.

Kolam Pemandian Rawa Bangun Polewali Mandar. Airnya segar karena selalu berganti, berasal dari aliran sungai.

Kolam pemandiannya memang memanfaatkan air mancur pegunungan Binuang. Air yang selalu berganti membuat kolam pemandian selalu segar.

Tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi, terutama oleh warga Pinrang, Majene dan Mamuju. Pengunjung sangat betah berlama-lama di sini.

Bukan hanya berendam di kolam pemandian. Pengunjung juga bisa memancing bersama keluarga di sejumlah rawa di kawasan ini. Banyak ikan mas, ikan coy dan aneka ikan tawar lainnya.

Libur bersama keluarga menjadi seru dan membuat pikiran kembali segar saat kembali ke rutinitas harian.

Diketahui, dibangunnya pemandian alam ini salah satu penginisiatifnya adalah Abdul Rajab Majid S.pi ia juga salah satu motivator dalam pembangunan Wisata Alam Rawa Bangun ini pada tahun 2011.

Dari lokasi Wisata Alam Rawa Bangun di Dusun
Biru Desa Batenganga Kecamatan Binuang Kabupaten Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat.
Sunandar wartawan prov Sulbar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *