Plt. Sekda Bener Merah Khairun Aksa,”Perpustakaan Adalah Tempat Pembelajaran & Mitra Masyarakat

oleh -0 views

Plt. Sekda Bener Merah, Khairun Aksa, “Perpustakaan adalah tempat Pembelajaran dan Mitra Masyarakat”,

GlobalinvestigasiNwes. Bener Meriah-Aceh.
Pelaksana tugas Sekretaris Daerah (Plt. Sekda) Khairun Aksa, SE. MM, mewakilli Bupati, membuka secara resmi Stakeholder Meeting Kabupaten Bener Meriah dengan tajuk, “Transpormasi Perpustakaan berbasis Inklusi Sosial, Literasi untuk Kesejahteran” yang digagas oleh Perpustakaan Nasional di aula Empu Beru Kompl. Perkantoran Serule Kayu Redelong, Rabu, 21 /8/2019.

Dalam arahan dan bimbingannya, Khairun Aksa, mengatakan,  yang pertama kita harus memahami terlebih dahulu apa yang di maksud dengan Inklusi karena ini adalah penggunaan istilah, Inklusi adalah upaya upaya untuk menempatkan martabat dan kemandirian individu, sebagai modal utama untuk mencapai kualitas hidup yang lebih ideal, jelas Plt. Sekda.

“Stakeholder Metting ini mengacu pada undang-undang  No. 43 tahun 2007, tentang perpustakaan yaitu  pasal 2, yang berbunyi, Bahwa Perpustakaan diselenggarakan berdasarkan azas, Pembelajaran sepanjang hayat, Demokrasi, Keadilan, Keprofesionalan, Keterbukaan, Keterukuran dan Kemitraan”, papar Plt. Sekda.

Bagi kami melakukan pembelajaran sepanjang hayat merupakan tujuan utam sekaligus peran dari Perpustakaan dalam memberikan layanan berbaisi Inklusi Sosial terutama perpustakaan umum, baik yang ada dikota-kota hingga perpustakaan tingkat Kampung, Perpustakaan juga mengemban amanah sebagai tempat pembelajaran dan kemitraan bagi masyarakat yang dikelola secara professional dan terbuka bagi siapa saja, ungkap Khairun Aksa.

“Karena pentingnya perpustakaan dalam meningkatkan sumber daya manusia, bila masyarakat sudah menyadari dan merasakan menfaat secara langsung dari layanan perpustakaan dalam kehidupannya, maka dengan sendirinya tingkat kegemaran membaca akan lebih meningkat”, tegas Plt. Sekda Khairun Aksa.

Dalam arahan dan bimbingannya dalam kesempatan tersebut Kahirun Aksa juga berharap, Kegiatan itu  dapat meningkatkan kemampuan literasi, dan mempermudah kemampuan masyarakat dalam mendapatkan akses informasi dengan memanfaatkan fasilitas serta sarana dan prasarana yang ada diperpustakaan, baik itu melalui  buku, Komputer atau layanan internet yang ada diperpustakaan, Rumah Baca maupun sarana literasi lainnya, pinta khairun aksa.

“Kedepan budaya literasi yang  kita perjuangkan tidak hanya sebatas pada kemampuan membaca, menulis serta berhitung, namun perjuangan literasi ini sudah diperluas melalui kemampuan kognitif skill, berpikir logis, kritis, analisis membagi-bagikan ilmu pengetahuan dan menguasai tekhnologi terkini demi kesejahteraan masyarakat terutama yang ada di Kabupaten Bener Meriah”, tutup Plt. Sekda Khairun Aksa.

Acara Stakeholder Metting  itu diselenggarakan selama satu hari, diikuti oleh berbagai unsur dengan narasumber dari perwakilan Perpustakaan Nasional. (Pujo).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *