Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang Menggelar Acara Fasilitasi STD-B & STD-P

oleh -0 views

Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang Menggelar Acara Fasilitasi STD-B & STD-P

Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang Menggelar Acara Fasilitasi STD-B & STD-P

Global investigasi news co.id Aceh Tamiang – Wakil Bupati Aceh Tamiang, Tengku Insyafuddin, ST., disaat memberikan arahan dalam gelaran Acara Pertemuan Fasilitasi Surat Tanda Daftar Usaha Perkebunan untuk Budidaya (STD-B) dan Surat Tanda Daftar Usaha Perkebunan untuk Pengolahan (STD-P), Kamis (22/08/19) di Aula Hotel Grand Arya.

Kegiatan ini difasilitasi oleh Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Aceh Tamiang bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh guna mendukung program peningkatan produksi dan produktivitas tanaman perkebunan berkelanjutan,
Pembinaan usaha perkebunan serta legalitas dan peraturan perizinan usaha perkebunan.

Lebih lanjut Wabup T.Insyafuddin.ST. mengatakan bahwa di Aceh Tamiang Perkebunan merupakan salah satu sektor ekonomi yang paling berkembang, potensinya mempunyai peranan yang sangat strategis dalam pembangunan Aceh pada umumnya dan Aceh Tamiang khususnya, terutama dalam meningkatkan kemakmuran rakyat, penyediaan lapangan kerja dan perolehan Pendapatan Asli Daerah. yang tersebar di 11 (sebelas) kecamatan di wilayah kabupaten Aceh Tamiang.

Berbicara mengenai STD-B dan STD-P, Wabup T. Insyafuddin. ST menyebutkan hal tersebut sebagai inovasi. keberadaan usaha tani dalam sektor perkebunan , ungkapnya, selain itu harus diketahui siapa pemiliknya, data kebunnya yang meliputi letak, status hak tanah, luas, jenis tanaman, asal benih, pola tanam, pemupukan, mitra pengolahan, jenis tanah, tahun tanam dan lainnya.

“Adanya STD-B dan STD-P ini, merupakan suatu Inovasi dari Pemerintah, yang dimanfaatkan untuk kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat. Mari kita ubah mindset kita, dengan cara memanfaatkan inovasi yang telah dibuat. Tidak mungkin Pemerintah membuat suatu inovasi yang bertujuan untuk merugikan rakyat,” tegasnya.

Sebelumnya Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh yang diwakili oleh Saifullah, Kasie Bimbingan Usaha, mengatakan dengan digelarnya pertemuan fasilitasi ini, nantinya setiap perkebunan bisa diterbitkan sertifikasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk mendapatkan perlindungan dan kepastian hukum bagi masyarakat.

Pertemuan fasilitasi dihadiri oleh Perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah yang membidangi perkebunan, para Camat dalam Kabupaten Aceh Tamiang serta para perwakilan Administrasi Perkebunan dengan menghadirkan narasumber dari Direktorat Jenderal Perkebunan Kementan RI, Doris Monica Sari Turnip. (E)

Sumber Humas Sekdakab Aceh Tamiang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *