Sudah Saatnya Kalteng Harus Punya Industri Hilir

  • Bagikan

Sudah Saatnya Kalteng Harus Punya Industri Hilir
Tanggal 22-08-2019,

PALANGKA RAYA – Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran berharap ke depan, seluruh komoditi yang diambil dari tanah Kalteng industri hilirnya harus berada di Kalteng pula. Pasalnya, yang terjadi saat ini beberapa komoditi yang ada di Kalteng justru industrinya berada di luar pulau Kalteng, seperti di Pulau Jawa.

“Selama ini Kalteng hanya dilewati saja dan hilirnya tidak ada di Kalteng. Jika hulunya di Kalteng kemudian industri hilirnya di Pulau Jawa kan tidak pas, tentu Kalteng dan Kalimantan secara umum yang menjadi hulu industri dirugikan,” katanya, Selasa (20/8/2091.

Menurut Sugianto memiliki industri hilir untuk produk turunan dari hasil alam Kalteng merupakan salah satu kunci pembangunan penting baik bagi Indonesia, khususnya Kalteng. Diungkapkan Gubernur dalam pembahasan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), Kalteng memiliki komoditi pertanian yang saat ini sedang dikembangkan agar perekonomian Kalteng tidak tergantung dengan tambang dan crude palm oil (CPO) kelapa sawit.

“Kemarin sudah dilaksanakan launching Program Benih Unggul Perkebunan atau BUN 500 juta bibit di Kalteng oleh Kementerian Pertanian (Kemantan), untuk dikembangkan,” ungkapnya.

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: