55 Anggota DPRD Kab. Bogor Periode 2019-2024 Resmi Dilantik

oleh -2 views

55 Anggota DPRD Kab. Bogor, periode 2019-2024, resmi dilantik

KAB. BOGOR – Wakil Ketua Pengadilan Negeri Cibinong Kab. Bogor, melantik dan mengambil sumpah 55 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kab. Bogor, periode 2019-2024. yang di gelar di gedung DPRD Cibinong Kab. Bogor, Selasa (27/8/2019).

Acara rapat paripurna pengucapan sumpah dan janji anggota DPRD masa jabatan tahun 2019-2024, dihadiri oleh, anggota DPR RI Anton Suratto dan Primus Yustisio, Ade Yasin Bupati Kab. Bogor dan Iwan Setiawan, Wakil Bupati Kab. Bogor, Gubernur Jabar, yang diwakili oleh staf ahli Gubernur bidang pembangunan, pimpinan sementara anggota DPRD Kab. Bogor, Forum kordinasi pimpinan daerah Kab. Bogor, pejabat TNI dan POLRI, Sekda Kab. Bogor, Ketua KPUD, Ketua Banwaslu, pimpinan partai politik, dan para tamu undangan.

Pimpinan DPRD sementara Kab. Bogor, Sarni dari Partai Gerindra, dalam sambutannya mengatakan, akan menyadari bahwa tantangan dalam upaya meningkatkan peran dan fungsi DPRD kedepan, tidaklah ringan, terlebih lagi menghadapi tuntutan masyarakat, sejalan dengan dinamika kehidupan diberbagai bidang,” paparnya.

Disamping itu, Sarni politik dari Gerindra itu juga menjelaskan, hal-hal yang telah dilaksanakan DPRD Kab. Bogor masa jabatan 2014-2019, Insya Allah akan kami lanjutkan dengan lebih meningkatkatkan kualitas kerja, bersama non maupun kelembagaan, mudah-mudahan DPRD masa jabatan 2019-2024, dapat mencapai prestasi yang lebih baik, tentunya bersama-sama Kepala Daerah dan para unsur forum kordinasi pimpinan daerah beserta jajarannya, yang terpenting adalah dukungan dari seluruh lapisan masyarakat Kab. Bogor,” ungkapnya

Sementara itu, Ade Yasin Bupati Kab. Bogor menjelaskan, pengucapan sumpah janji ini merupakan amanat pasal 156 UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang peemerintahan daerah bahwa, anggota DPRD Kabupaten atau Kota sebelum memangku jabatannya, mengucapkan sumpah atau janji, secara bersama-sama yang dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri, dalam rapat paripurna DPRD Kabupaten Kota,” tegasnya.

Saat menyampaikan sambutannya, Ade Yasin sebagai Bupati Kab. Bogor juga mengucapkan selamat atas dilantiknya anggota DPRD Kab. Bogor masa jabatan tahun 2019-2024,

” Selamat mengemban amanah secara jujur, adil serta penuh integritas, dan semoga Allah Tuhan Yang Maha Esa, senantiasa melundungi kita semua, saat melaksanakan tugas,”

Ade Yasin Bupati Kab. Bogor juga berharap, agar dapat memaknai proses pemilihan tsb, sebagai proses yang sakral dalam upaya penegakan kedaulatan rakyat, karena rakyat telah mempercayakan suaranya kepada anggota DPRD yang terpilih, sehingga tidak hanya untuk diwakili, tapi juga harus diperjuangkan aspirasi suara rakyat tsb,

” Ini adalah tugas yang sangat mulia, karena sejak saat ini, Bapak-ibu mengemban tugas yang sangat mulia, sehingga mulai saat ini, bapak mengemban tanggung jawab yang besar dimana suatu saat nanti, kita semua akan diminta pertanggung jawaban atas semua hal yang diamanatkan kepada kita,” tegasnya.

Selain itu Ade Yasin juga mengingatkan, setidaknya ada 3 hal, yang dapat dijadikan fokus pengabdian selaku anggota DPRD yang terhormat.

Pertama, agar anggota DPRD dapat Melindungi dan memperjuangkan kepentingan rakyat melalui fungsi Legislatif, karena itu kita perlu memaksimalkan waktu untuk bertanya dan berdialog dengan rakyat, baik melalui jaringan aspirasi, maupun saat reses, dimana saat ini, proses komunikasi itu bisa dilakukan tidak hanya melalui media konvensional tatap muka saja, tapi juga dapat dilakukan dengan pemanfaatan teknologi informasi seperti medsos, maupun media massa.

Kedua, Anggota DPRD harus memaksimalkan dalam fungsi budgeting atau penyusunan anggaran sebesar-besarnya untuk kepentingan rakyat.

Ketiga, Sebagai fungsi pengawasan, anggota DPRD dapat diharapkan melaksanakan dengan efektif dan objektif, yang mana dijalankan dengan niat yang tulus dan sepenuh hati, demi berlangsungnya proses kontrol yang seimbang, terhadap pelaksanaan tugas eksekutif dalam menjalankan manajemen pemerintahan dan pembangunan di daerah.

Sebelum menutup kata sambutannya, Ade Yasin Bupati Kab. Bogor, mempersembahkan sebuah pantun, dimana dikatakannya sebagai ciri khas pak RK (Ridwan Kamil) Gubernur Jawa Barat, yang mana selalu memakai pantun diakhir sambutannya.

” Panen melimpah buah pepaya, buahnya ranum menggoda hati untuk memetik, saya yakin dan percaya, kerjasama eksekutif dan legislatif, pasti semakin baik ” ujar Ade Yasin Bupati Kab. Bogor.

Dari 55 anggota DPRD Kab. Bogor periode 2019-2024 yang dilantik, 35 orang adalah wajah baru, sedangkan sisanya 20 orang adalah wajah lama, sehingga bisa di pastikan bahwa, DPRD masa jabatan 2019-2024, lebih di dominasi oleh wajah-wajah baru.

Adapun daftar 55 caleg DPRD Kabupaten Bogor, periode 2019-2024 :

Partai Gerindra 14 Kursi :

  1. Rudy Susmanto
  2. Kukuh Sri Widodo
  3. Agus Salim
  4. Adi Suwardi
  5. Beben Suhendar
  6. Muhammad, Ansori
  7. Heri Aristandi
  8. Tuty Alawiyah
  9. M. Rizky
  10. Nurjanah
  11. Sarni
  12. Sastra Winara
  13. Andi permana
  14. Sanukri

Partai PKS 9 Kursi :

  1. Agus Salim
  2. Teguh Widodo
  3. Sulaeman
  4. Achmad, Fathoni
  5. Dedi Aroza
  6. Fikri Hudi Oktiarwan
  7. H. Dadeng Wahyudi
  8. Irvan Baihaqi Tabrani
  9. Atma

Partai Golkar 6 Kursi :

  1. Fahru Rizal
  2. Amin Sugandi
  3. Wawan Hikal Kurdi
  4. Ridwan Muhibi
  5. Aan Triana Al Muharrom SS
  6. A. Tohawi

Partai PPP 6 Kursi :

  1. Ferry Roveo Cecanova
  2. Usep Supratman
  3. Juhanta
  4. Muhammad Romly
  5. Ahmad Pusni
  6. Edi Kusmana Surya Atmaja

Partai PDIP 6 Kursi :

  1. Robinton Sitorus
  2. Slamet Mulyadi
  3. Muad Khalim
  4. Dian Rosita
  5. Halim Yohanes
  6. Barkah

Partai Demokrat 6 Kursi :

  1. Ade Senjaya
  2. Moh. Hanafi
  3. Abdul Jalil
  4. Ruhyat Sujana
  5. M. Leo Hananto Wibowo
  6. Irman Nurcahyan

Partai PAN 5 Kursi :

  1. Arif Abdi
  2. Larasati Widyaningsih
  3. Usep Saefulloh
  4. Permadi Ajid
  5. Sutisna

Partai PKB 2 Kursi :

  1. Lukmanudin Al Rasyid
  2. Nurodin

Partai Hanura 1 Kursi :

  1. Daen Nuhdiana

(Hotma Lingga.T)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *