Kesbangpol Kabupaten Tanggamus Adakan Kegiatan Forum Pembaruan Kebangsaan

  • Bagikan

Kesbangpol Kabupaten Tanggamus, Adakan Kegiatan Forum Pembaruan Kebangsaan

Tanggamus – Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Tanggamus Adjpani mewakili Bupati Kabupaten Tanggamus Hj.Dewi Handajani, SE,MM., membuka secara resmi kegiatan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) di Aula Pekon Purwodadi Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus, Rabu (11/09/2019).

Dalam membacakan sambutan Bupati Kabupaten Tanggamus, Kepala Kantor mengatakan Pembauran Kebangsaan ini merupakan Bagian penting dari Kerukunan Nasional yang akan memperkokoh Integritas Bangsa di Negara Kesatuan Republik Indonesia khususnya Kabupaten Tanggamus.

Tugas dan kewajiban Pemerintah Daerah terkait dengan Forum Pembauran Kebangsaan ini adalah membina dan memelihara ketentraman, ketertiban masyarakat terhadap kemungkinan timbulnya ancaman gangguan keamanan didaerah akibat Persoalan Etnis dan Suku Bangsa.
“saya berharap saudara-saudara dapat mengikuti seluruh rangkaian acara dan menyimak materi yang disampaikan oleh para narasumber dengan seksama. Karena kegiatan ini sekaligus sebagai pembekalan yang harus dipahami dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari” Kata Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Tanggamus Adjpani.

Oleh karena itu Wawasan dan Pengetahuan yang dipelopori agar dapat disebarluaskan kepada masyarakat dilingkungan masing-masing sebagai wujud tanggung jawab kita sebagai warga negara yang baik.
Sementar berdasarkan Laporan Ketua Panitia yang disampaikan oleh Kasi Bina Idiologi dan Wawasan Kebangsaan, Putri Mayang Sari, maksud dan tujuan kegiatan ini agar terciptanya suasana keharmonisan antar Etnis dan dipahami bagaimana pentingnya tentang Pembauran Kebangsaan, membina keselarasan antar Etnis di Kabupaten Tanggamus, untuk mengantisipasi terjadinya Rasisme, Sukuisme, dan Ethnosentrisme, membina Persatuan dan Kesatuan antar Etnis untuk menumbuhkan, memantapkan, memelihara dan mengembangkan Pembauran Kebangsaan di masyarakat Kabupaten Tanggamus.

Materi dan Narasumber masing masing Pemateri kegiatan : “Perlunya memiliki jati diri yang bernilai keutuhan dan kemanusiaan agar menjadi masyarakat yang Regilius, Humanis, Patriotis dan Demokratis” disampaikan oleh Kepala Kantor Kesbangpol Tanggamus.
Tema ” Menjaga Harkamtibmas sebagai salah satu kekuatan untuk menjaga Keutuhan Bangsa” oleh Kasi Intel Polres Tanggamus AKP. Samsuri, SH,MH.

Tema “Menumbuh kembakan keharmonisan, saling pengertian, saling menghormati dan saling percaya diantara anggota masyarakat dari berbagai Ras, Suku dan Etnis.”oleh Kasdim 0424/Tanggamus Mayor Inf. Suhada Erwin.

Untuk Peserta kegiatan berasal dari siswa siswi kelas VIII dan IX perwakilan dari SMP Negeri 1 Gisting, MTS Mathlaul Anwar Gisting, SMP Muhammadiyah Gisting, MTS MA Gisting dan SMP Xaverius Gisting. Yang melatar belakangi Kesukuan (Lampung, Jawa, Sunda, Semendo, Tionghua dan lain lain).
Hadir dalam kegiatan Kasat Intelkam AKP. Samsuri, SH,MH., Kasdim 0424/Tanggamus Mayor Infantri Suhada Erwin, jajaran Kantor Kesbang Pol. Kabupaten Tanggamus.

Selanjutnya kesimpulan materi dari Kasi Intel mengatakan generasi muda diharapkan dapat menjaga keutuhan bangsa dan negara, berperan dalam menjaga keamanan, serta ketertiban masyarakat, teladan bagi masyarakat.
Selain itu diharapkan juga pelajar dan mahasiswa jangan mudah terprofokasi yang bersifat destruktif, dan berpacu untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dengan mengembangkan sikap Toleransi, Menghargai Keanekaragaman.

Kasdim 0424/Tanggamus Mayor Inf. Suhada Erwin, pun demikian dalam kesimpulan materinya beliau berharap
Perlunya meningkatkan Iman dan Taqwa, perlunya kesadaran berbangsa dan bernegara, perlunya solidaritas menghargai antar Suku, Agama dan Ras, redam nafsu distiksi untuk menghindari Konflik Etnis.

Kemudian Kepala Kesbangpol Kabupaten Tanggamus Adjpani, dalam materinya mengatakan siswa siswi agar dapat menerapkan Falsafah orang Lampung yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari hari dan untuk semua Suku di Indonesia pun bisa menerapkannya, diantaranya Piil Pesenggiri, Nengah nyappor, Sabai Sambayan, Bejukuk Buadek, Nemuinyimah.
Itulah yang dikatakan Pembaharuan Kebangsaan menciptakan Keharmonisan Antar Suku dan Etnis.(Heri Apriyanto).

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: