Rangkaian Tahapan Pilkades Serentak Di Kabupaten Tasikmalaya Memasuki Jadwal Penetapan DPS

oleh -8 views

CITAMBA ■ Sabtu. 14/09/2019..
Rangkaian tahapan pemilihan Kepala Desa serentak di Kabupaten tasikmalaya pada hari Sabtu 14 september 2019 memasuki jadwal penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS).
dalam menyusun DPS Panitia pemilihan kepala desa citamba mengambil data pembanding dari DPT pilpres dan pileg. Dan selanjutnya panitia pilkades dibantu oleh panitia pembantu pantarlih dari unsur kawil dan RW RT melakukan pemutahiran data dengan memperhtikan kematian, pindah keluar. Dan penambahan pemilih pemula yakni yang berusia 17 tahun tepat pada hari dan tanggal pemungutan suara, atau bisa dikatakan pemilih pemula adalah pemilih yang lahir pada tanggal 24 September 2002.
Panitia pemilihan kepala desa juga berkoordiansi dengan operator kecamatan untuk membandingkan data dengan yang ada diDinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).
pada hari ini Sabtu tanggal 14 SEPTEMBER 2019 panitia Pilkades Desa CITAMBA Kecamatan CIAWI menggelar rapat koordinasi penetapan DPS Pilkades. Rapat dihadiri oleh seluruh Panitia dan Pemerintahan Desa CITAMBA ” Jumlah pemilih dalam DPS Pilkades CITAMBA adalah sejumlah .4.341 orang. Jumlah tersebut akan dibagi menjadi 7(tujuh) tempat Pemungutan Suara (TPS) “, ujar Yusep budiman ketua panitia Pilkades citamba. ”

Setelah DPS Pilkades ditetapkan, kemudian diumumkan di papan pengumuman sekretariat Panitia Pilkades. Selain itu, panitia sudah menggandakan Daftar Pemilih untuk di pasang pada setiap keDUSUNan Hal ini dilakukan agar masyarakat benar-benar diberi kemudahan untuk melakukan pengecekan apakah mereka dan anggota keluarga mereka benar sudah masuk dalam DPS atau belum. Sebab syarat mutlak untuk menggunakan hak pilih dalam pilkades adalah mereka harus masuk dalam Daftar Pemilih. Tidak seperti pada Pemilu kemarin, apabila tidak masuk dalam daftar pemilih , pada hari H bisa menggunakan KTP / KK yang akrab disebut dengan DPK (Daftar Pemilih Khusus). Tapi dalam Pilkades kali ini tidak bisa, karena setelah nanti DPS diumumkann kemudian disusun Dartar Pemilih tambahan (DPTb) yang terakhir adalah DPT Hb (tidak memenuhi syarat). Journalis ,CHAMEUH RM,SUTIAMAN ST ,& USTAD PANJALU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *