Calon Kades Aceh Singkil Mengikuti Tes Baca Al Qur’an Secara Serentak

  • Bagikan

Calon Kades Aceh Singkil Mengikuti Tes Baca Alqur’an Secara Serentak

Ginews Aceh Singkil, Sebanyak 79 calon Kepala Desa (keuchik) di Kabupaten Aceh Singkil mengikuti tes baca Alquran yang merupakan suatu syarat menjadi Calon Kepala Keuchik, di Masjid Nurul Makmur, Pulo Sarok, Senin, 16/09/2019.

Ketua Tim Seleksi Baca Alqur’an Salihin Mirzal dan Kasi Bimas Hendra Sudirman kepada Media mengatakan, sebelumnya yang mendaftar sebanyak 80 calon keuchik.

” Akan tetapi, karena ada satu orang calon kades yang mengundurkan diri dari Desa Teluk Ambun, sehingga peserta calon keuchik, menjadi 79 orang,” jelasnya.

Masing-masing peserta dipanggil namanya untuk diuji dan membacakan surat Albaqarah, mulai ayat 100, sampai tim penguji menyuruh berhenti.

Sementara para calon keuchik, lanjutnya, terdiri dari 27 desa, namun hanya 26 desa yang diwajibkan mengikuti prosedur, karena satu desa lagi, yakni Desa Asantola, Kecamatan Pulau Banyak Barat, seluruh calonnya non muslim.

Namun mereka tetap mengikuti prosedur seleksi calon Kades hanya saja tidak mengikuti tes baca Alqur’an, ” imbuh Salihin.

Menurut nya Red, Panitia tim penguji tes baca Alquran di sini terdiri dari 11 orang di bawah jajaran Kementerian Agama (Kemenag), Kabupaten Aceh Singkil yang dibagi dalam tiga meja.

” Masing-masing peserta dipanggil namanya untuk diuji dan membacakan surat Albaqarah, mulai ayat 100, sampai tim penguji menyuruh berhenti,” kata dia.

Selanjutnya, untuk penilaian dilihat dalam tiga bidang, yakni membaca surat panjang pendek, tartil, dan adab selama baca ayat-ayat suci Alquran.

” Saat ini tim penguji baca Alqur’an setiap peserta dari Kementerian Agama, sudah permanen, sehingga ke depan, Kami harapkan bukan cuma kades yang diuji, tapi juga jajarannya, seperti Kepala Urusan (Kaur), Kepala Dusun/RT/RW,” ujarnya.

*(HTB)

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: