Peletakan Batu Pertama Rumah Sehat BAZNAS Berau Coal

oleh -2 views

Peletakan Batu Pertama Rumah Sehat BAZNAS Berau Coal
Kerjasama Pemda Berau, Baznas dan CSR PT Berau Coal
Berau global investigasi.id.com
TANJUNG REDEB, – Bupati Berau, Muharram secara simbolis melakukan peletakan batu pertama pembangunan rumah sehat BAZNAS Berau Coal sekitar pukul 14.00 Wita, Senin (16/9/2019) siang tadi. Diketahui, rumah sehat ini merupakan program kerja sama Pemerintah Daerah Kabupaten Berau, Badan Amil Zakat Nasional dan CSR PT Berau Coal.

Radjudin Abdurachman, Ketua Umum BAZNAS dalam sambutannya mengatakan Rumah Sehat Baznas Berau Coal ini merupakan suatu program yang mewakili BAZNAS dalam pelayanan kesehatan secara terpadu kepada seluruh mustahik termasuk pelayanan kesehatan di daerah bencana yang meliputi aspek kuratif, preventif, rehabilitatif, promotif dan advokatif seta mengikuti peraturan dan perundang-Undangan kesehatan di Republik Indonesia.

“Rumah sehat merupakan salah satu program unggulan Baznas dalam bidang Kesehatan, dalam rangka memudahkan masyarakat untuk mendapatkan bantuan dan layanan kesehatan yang berkualitas. di baznas, rumah sehat juga dikenal dengan istilah,” ungkapnya.

Lanjutnya, RSB Baznas – Berau Coal ini akan dibangun berbeda dengan RSB – RSB Baznas yang ada diseluruh indonesia. untuk dietahui bahwa Baznas telah memiliki 7 RSB di Indonesia, dan ini yang akan menjadi RSB yang ke 8 delapan.

“Bedanya RSB Baznas – Berau Coal ini akan menjadi RSB yang terbesar di Indonesia dengan kapasitas 50 bed, dan sistem pelayanannya pun berbeda dengan yang lain yaitu kombinasi berbayar dan gratis untuk mustahik. selain layanan dalam gedung atau rawat inap, RSB Baznas juga memilki layanan Unit Kesehatan keliling yaitu secara rutin melakukan pemeriksaan dan pengobatan dan kepada Dhuafa yang jauh dari akses kesehatan,” bebernya.
“Dana operasional bulanan untuk pelayanan gratis dari masyarakat kurang mampu berasal dari Baznas Pusat, Baznas Propinsi dan Baznas Kabupaten, diharapkan mampu memberi manfaat bagi fasilitas warga yang kurang mampu / mustahik, dan pelayanan kesehatan berbayar untuk mensubsidi pelayanan gratis”, tambah nya.

Kami atas nama BAZNAS Kabupaten Berau mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Bupati Berau beserta bapak/ibu dan saudara sekalian atas kepercayaan semua pihak sekalian untuk berzakat, infaq dan shadaqah melalui BAZNAS Kabupaten Berau.

Bupati Berau, Muharram juga mengucapkan terimakasih atas komitmen PT Berau Coal dalam hal ini. Pembangunan RSB ini sendiri sudah melalui komunikasi yang baik antara Pemerintah Daerah, BAZNAS serta PT Berau Coal sehingga niat pembangunan RSB ini bisa terlaksana.

“Kita berharap pembangunan Rumah Sehat ini bisa berjalan lancar dan bisa segera selesai. Selanjutnya untuk mekanisme akan dilakukan oleh BAZNAS yang berkoordinasi dengan BAZNAS Pusat,” bebernya.
VP Operations Support & Relations Director PT Berau Coal, Gatot Budi Kuncahyo mengungkapkan jika Pembangunan Rumah Sehat Baznas Berau Coal ini merupakan realisasi dari kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Berau, Baznas Berau dan CSR PT Berau Coal sebagai tindaklanjut dari program pemerintah dalam meningkatkan fasilitas kesehatan masyarakat terutama untuk kelompok mustahik / kurang mampu.

“Kerjasama dalam pembangunan rumah sehat ini antara lain, Pemda memberikan lahan, Baznas Pusat, Propinsi dan Kabupaten memberikan operasional bulanan untuk fasilitas kesehatan bagi masyarakat yang kurang mampu dan PT Berau Coal berperan dalam pembangunan dan penyediaan alat kesehatan,” katanya.

Lanjutnya, Dalam membangun Rumah Sehat Banzas, kami jurusan arsitektur dari Inti Tekno Sukses Bersama (ITSB) yang mendesain bangunan dengan konsep Green Building dan memadukan unsur budaya, harapannya kegiatan pembangunan fisik gedung dapat terlaksana dengan baik dalam memenuhi unsur kekuatan (struktur), kenyamanan pengguna (estetika) dan kaidah standar bangunan Rumah Sakit.

“Gedung Rumah Sehat Baznas Berau Coal merupakan jenis Rumah Sakit Pratama yang memiliki fasilitas dilengkapi, yakni fasilitas rawat inap, Unit Gawat Darurat (UGD) dan dilengkapi dengan rawat inap,” lanjutnya.

Pembangunan Rumah Sehat Baznas Berau Coal ini rencananya dilakukan multiyears dimulai dengan kwartal akhir 2019 – 2021, bertahap dan inshaallah akan selesai sesuai perencanaan, merupakan bentuk komitmen kami untuk mendukung program pemda Berau dalam melengkapi fasilitas kesehatan.

“Komitmen pelaksanaan CSR bidang kesehatan tersebut terus kami jaga, walaupun saat ini yang seperti bapak dan ibu ketahui bahwa kondisi bisnis batubara sedang mengalami penurunan karena harga batubara yang sedang jatuh. Untuk itu mohon dukungan dan doa bapak ibu semoga kondisi bisnis batubara kembali membaik sehingga PT Berau Coal dapat terus memberikan manfaat positif terhadap pemangku kepentingan.”, tambah Gatot.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih atas kerjasama dan dukungan yang baik dari Pemerintah Kabupaten Berau Coal dan Baznas Kabupaten Berau selama ini, sehingga secara umum perjalanan rencanan pembangunan Rumah Sehat Baznas Berau Coal berjalan lancar,” pungkasnya.***agus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *