Pencairan DD Tahap II Dapat Dilakukan Setelah Menyelesaikan LPJ Satu

oleh -4 views

Pencairan DD Tahap II, Dapat Dilakukan Setelah Menyelesaikan LPJ Satu

Ginews Aceh Singkik, Dari 116 Desa yang ada di Kabupaten Aceh Sungkil, Sampai saat ini baru 91 Desa yang sudah Pengajuan Penarikan tahap II, dan bahkan sudah melakukab Pencairan, Sedangkan 26 Desa lagi belum melakukan proses pengajuan.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampong (DPMK) Kabupaten Aceh Singkil, melalui Kabit Pemerintahan Kampong Rustam, kepada awak Media, Selasa 17/09/2019.

Proses penarikan dana Desa tahap II yakni penarikan 40% terlambat akibat lambannya Desa mengajukan Laporan Pertanggungan Jawaban (LPJ) Tahap I yang lalu ke setiap Kecamatan.

” Rustam menjelaskan, setiap Desa yang belum melakukan penarikan tahap II karena belum menyelesaikan kelengkapan Admintrasi Tahap I.

Kelengkapan admintrasi dari Desa untuk pengajuan Dana Desa tersebut, Salah satunya verivikasi dan Rekomendasi dari Camata setempat.

Bagi Desa yang sudah melakukan ngkapi berkas pengajuanya, Baru bisa kami lakukan evaluasi, dan direkomendasikan ke Badan Pengelola Keuangan Kabupaten (BPKK),” ucap Rustam.

Ia menyebutkan, kalau kendala tidak ada, semua Desa yang belum melakukan pengajuan mungkin belum di verifikasi oleh masing masing pihak Kecamatanya.

Desa yang belum melakukan pengajuan yakni di Kecamatan Kuala Baru 2 Desa, Kecamatan Singkil 1 Desa, Singkil Utara 2 Desa, Kecamatan Gunung Meriah 7 Desa dan Kecamatan Simpang Kanan 14 Desa.

Sementara itu Camat Simpang Kanan, Syofian SH, menjelaskan bahwa masih banyaknya desa yang belum melakukan pengajuan karena belum menyelesaikan LPJ tahap I yqng lalu.

” Saya sudah tegaskan Kepada seluruh Kepala Desa di Kecamatan Simpang Kanan agar menyelesaikan LPJ, kalau ingin melakukan penarikan tahap II,” kata Syofian.

” Kalau belum dilengkapi saya tidak akan mengeluarkan Rekomendasi untuk penarikan.

Karena dari LPJ I, yang diserahkan Kepala Desa Ke Kecamatan, akan dilakukan Verifikasi terlebih dahulu, Kemudian Camat akan mengeluarkan Rekomendasi
” imbuhnya.

*(HTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *