Bupati Beserta Kepala Kanwil Bea & Cukai Meninjau Persiapan Dermaga Eksport Import Di Kabupaten Aceh Tamiang

  • Bagikan

Bupati Aceh Tamiang Beserta Kepala Kanwil Bea dan Cukai Aceh Meninjau Persiapan Dermaga Eksport Import Dikabupaten Aceh Tamiang.

Global investigasi news co.id Aceh Tamiang – Menindaklanjuti pertemuan dan pembahasan terkait potensi usaha ekspor-impor, Bupati Aceh Tamiang, Mursil, SH., M.Kn., bersama Kepala Kanwil Bea dan Cukai Aceh, Safuadi beserta rombongan, dan sejumlah pengusaha kunjungi lokasi persiapan dermaga ekspor-impor di Kampung Air Masin Kecamatan Seruway, Rabu (18/09/19). Turut serta ikut dalam kunjungan ke lokasi, Kepala Stasiun Karantina Pertanian Aceh, Ibrahim, dan Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan, Diky Agung Setiawan. Bupati beserta rombongan tiba dilokasi sekira pukul 16.30 wib dan tampak antusias dengan persiapan yang telah dilakukan.

Ketua Asosiasi Pengusaha, Importir Aceh Tamiang, Rusli, mengatakan, ia bersama sejumlah pelaku usaha ekspor-impor lainnya telah merencanakan membangun pelabuhan kapal agar memudahkan untuk kegiatan usaha. “Untuk pematangan areal sudah dilakukan, dengan pembersihan dan pengerukan alur dengan menambah kedalaman lebih dari 5 meter agar mudah kapal bersandar,” kata Rusli.

Menurut Rusli, di lokasi pelabuhan tersebut juga akan dibangun Dok Kapal, sehingga memudahkan kapal untuk bersandar termasuk perawatan. “Di pelabuhan ini kelak juga menjadi sentra kegiatan ekspor impor hasil pertanian dan perikanan, dan diharapkan terus meningkat kegiatannya,”ujar Rusli yang juga akrab disapa Koceng.

Koceng menambahkan, di lokasi pelabuhan juga akan dibangun pengolahan ikan dan Tempat Pelelangan Ikan, “Transaksi penjualan hasil tangkap ikan dan tambak juga dilakukan secara terpusat,” tandas Koceng.

Menanggapi hal tersebut, Bupati menegaskan Pemkab mendukung penuh hal ini. “Diharapkan semuanya bisa segera selesai sehingga fungsi dermaga bisa segera dirasakan manfaatnya,” kata Bupati.

Bupati Mursil mengatakan Pemkab Aceh Tamiang akan bersinergi dengan Bea dan Cukai Aceh siap untuk mendukung proses legalitas dermaga ini serta membantu pemasaran produk dari dermaga tersebut. Kepala Kanwil Bea dan Cukai Aceh, Safuadi, mengatakan, pihaknya akan mendukung para pelaku usaha guna memberikan nilai tambah. “Kegiatan produksi dan transaksi berupa pengolahan harus terus dilakukan dan berjalan sehingga mendukung untuk diberikan fasilitas yang ada,” ujar Safuadi.

Turut hadir dalam rombongan Plt. kepala Dinas Koperasi, UKM dan perindustrian Saflinawati, Sekretaris Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan drh. M. Nasir, Kepala Bagian Administrasi Ekonomi dan Pembangunan Nur Asmah, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Husaini, Camat Seruway M. Hans Martha Kesuma, serta Kepala Kantor BPN Aceh Tamiang. (E)

Sumber Humas Sekdakab Aceh Tamiang.

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: