Bupati Indah Minta Dana Desa Dikelola Secara Padat Karya Tunai

oleh -7 views

Bupati Indah Minta Dana Desa Dikelola secara Padat Karya Tunai

Makassar— Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara melalui Dinas Pemberdayaan Masyaratakat dan Desa (PMD) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Managemen Pengelolaan Keuangan Desa dan Teknik Menghadapi Pemeriksaan bagi Aparat Desa, Sabtu (21/9/2019), di Aula Hotel Denpasar, Kota Makassar. Bimtek yang digelar hingga 23 September 2019 ini dibuka Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, dan dihadiri 256 peserta.

“Salah satu program pemerintah pusat ialah Nawacita, yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa. Nah, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa jelas membutuhkan pengelolaan dana desa yang baik,” ujar Bupati Indah dalam sambutannya. “Untuk membutuhkan pengelolaan dana desa yang baik, sesuai program yang direncanakan, aparat desa tentu membutuhkan pendampingan,” sambungnya.

Olehnya itu, ia berharap Bimtek ini dapat memberi nilai tambah, terutama dalam peningkatan kompetensi dan wawasan aparat desa dalam mengelola dana desa. Tidak cukup dengan itu, Indah pun berharap agar seluruh aparat desa dapat mengelola dana desa secara padat karya tunai (swadaya). “Kalau yang diminta padat karya tunai, kerjakan dan laporkan seperti itu. Jangan sebaliknya,” tegas Bupati Indah Putri Indriani.

Bupati perempuan pertama di Sulawesi Selatan ini menyebutkan, semangat dari adanya dana desa adalah menurunkan angka kemiskinan serta meningkatkan angka kesejahteraan masyarakat melalui padat karya tunai 30%. “Nah, hal ini jangan lagi ditawar-tawar lagi, lakukan kegiatan yang sifatnya padat karya tunai 30%,” tegas Indah. Ia juga menjanjikan akan memberi apresiasi kepada desa yang memenuhi beberapa indikator kesuksesan.

Bimtek menghadirkan Zulkifli, seorang Akuntan Publik, sebagai narasumber. Di hadapan peserta, ia memuji langkah Pemda Lutra yang selalu mendampingi kegiatan yang dilakukan desa. “Saya kira tidaklah sulit mewujudkan apa yang menjadi harapan kita, karena Pemda Lutra selalu mendampingi setiap kegiatan yang dilakukan di desa,” kata Zulkifli. Turut hadir dalam kegiatan ini, Ketua DPRD Hamuddin, Kadis PMD Misbah, dan para Camat.** A.Risal **

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *