Festival Teluk Semaka 2019 Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus Tampilkan Pakaian Adat Lampung Pepadun

oleh -2 views

Festival Teluk Semaka 2019 Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus, Tampilkan Pakaian Adat Lampung Pepadun

Tanggamus – Tampil dengan mengenakan “Pakaian Kebayan Adat Lampung Pepadun”, Bapak dan Ibuk Camat Pugung, Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung Drs. Hardasyah, MM., dan jajarannya menghadiri serta mengikuti rangkaian kegiatan “Pangan Agung dan Karnaval penutupan “Festival Teluk Semaka Tahun 2019 yang dilaksanakan di Gedung Utama Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Kota Agung Kabupaten Tanggamus, Sabtu (21/09/2019).

Pangan Agung dilaksanakan dalam rangkaian “Festival Teluk Semaka Tahun 2019 Kabupaten Tanggamus itu dihadiri Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional I, Kementerian Pariwisata Dessy Ruhati, Bupati Kabupaten Tanggamus Hj.Dewi Handajani, SE,MM., Wakil Bupati Kabupaten Tanggamus Hi.AM.Syafi’i, S.Ag., Kapolres Tanggamus AKBP. Hesmu Baroto, SIK,MM., Kejari Kabupaten Tanggamus David Palapa Duarsa, SH,MH., Sekda Kabupaten Tanggamus Drs. Hamid Heriansyah Lubis, M.Si., Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Kebudayaan dan Olahraga Kabupaten Tanggamus Retno Noviana Damayanti, Para Tokoh Adat, dan Para Pejabat Forkopimda dan Organisasi Pemerintah Daerah (OPD), Camat Se-Kabupaten dan beserta jajarannya.

Berdasarkan pantaun di lokasi kegiatan, sebelum pelaksaan “Pangan Agung, Camat Se-Kabupaten Tanggamus dan Forkopimda terlebih dahulu melaksanakan ramah tamah di Rumah Dinas Bupati Kabupaten Tanggamus, selanjutnya bersama-sama bergerak ke Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Kota, Kota Agung Kabupaten Tanggamus, untuk melaksanakan kegiatan Pangan Agung dan akan dilanjutkan dengan Karnaval Budaya dalam rangkaian “Festival Teluk Semaka Tahun 2019.

Camat Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus Drs. Hardasyah, MM., mengatakan selain menghadiri kegiatan Pangan Agung, serta mengikuti kegiatan Karnaval Budaya dan penutupan kegiatan Festival Teluk Semaka Tahun 2019, rangkaian kegiatan tahunan Dinas Pariwisata Kabupaten Tanggamus tersebut. Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus juga ikut serta berpartisipasi memperkenalkan dan melestarikan Adat Istiadat Kebudayaan Lampung Pepadun, serta memperkenalkan serta mempromosikan Detanasi Wisata Pekon yang ada di Kecamatan Pugung, “kata Camat Pugung Kabupaten Tanggamus Drs. Hardasyah, MM.

Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Tanggamus Retno Noviana Damayanti, adanya Pangan Agung sebagai Usaha Pelestarian Budaya. Kegiatan ini adalah makan bersama dalam sebuah kegiatan besar atau hajatan.
“Dalam Festival Teluk Semaka Tahun 2019, selain mengenalkan Potensi Tempat Wisata kami juga adakan kegiatan Budaya untuk menjadikannya Potensi Wisata sekaligus Melestarian Budaya Daerah, “kata Kadis Pariwisata Pemuda Kebudayaan dan Olahraga Kabupaten Tanggamus Retno Noviana Damayanti.

Sementara Bupati Kabupaten Tanggamus Hj.Dewi Handajani, SE,MM., Kabupaten ini kaya dengan Potensi Wisata dan Keragaman Budaya. Itu sebagai sumber Wisata yang dikenalkan lewat Festival Teluk Semaka.
“Festival Teluk Semaka Tahun 2019, sebagai Promosi Wisata agar Kabupaten ini lebih dikenal secara luas, baik didalam Negara dan Mancanegara, “kata Bupati Kabupaten Tanggamus Hj.Dewi Handajani, SE,MM.

Bupati Kabupaten Tanggamus Hj Dewi Handajani, SE,MM., menambahkan, dari Segi Budaya, Kabupaten Tanggamus sebagai salah satu Kabupaten di Provinsi Lampung memilik Adat Istiadat Pesisir yang disebut Lampung Sai Batin, di luar itu ada juga Adat Lampung Pepadun di Provinsi Lampung.
“Sebagai Kabupaten yang berpotensi Wisata kami tetap mengedepankan Ikon Ramah, Amanah, Tegas, Unggul atau disingkat dengan RATU. Itu juga yang dikedepankan oleh kami dalam Pelayanan Publik dan Wisata, “terang Bupati Kabupaten Hj.Dewi Handajani, SE,MM.

Sementara menurut Kementerian Pariwisata Dessy Ruhati, menyambut baik dan mendukung Festival Teluk Semaka Tahun 2019. Dan Kabupaten Tanggamus punya potensi besar, bahkan bisa dimasukkan dalam Calender Of Event Wisata di Provinsi Lampung.
“Kami dari pusat menetapkan 100 Calender Of Event secara Nasional dan di dalamnya baru ada dua dari Provinsi Lampung yakni Surving Krui dan Festival Krakatau, jadi masih terbuka agar bisa masuk dalam Calender Of Event, “kata Kementerian Pariwisata Dessy Ruhati.

Kementerian Pariwisata Dessy Ruhati, menambahkan agar bisa masuk dalam Calender Of Event maka ada persyaratan yang harus dipenuhi yaitu Cultural Values, Commercial Values, Creative Values dan CEO commitment.

“Festival Teluk Semaka Tahun 2019 perlu diadakan secara kesinambungan, lalu pengembangan Kualitas Wisata, Akomodasi, Investasi dan lainnya agar bisa masuk dalam 100 Calender Of Event.
“Kunjungan di Provinsi Lampung lebih dari 169 ribu selama 2019, tentu salah satunya kunjungan ke Kabupaten Tanggamus, “kata Kementerian Pariwisata Dessy Ruhati. (Heri Apriyanto).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *