Mari Menabung Di Bank Sampah

oleh -1 views

Mari Menabung di Bank Sampah

Masamba— Masih banyak yang belum menyadari kalau sampah pun memiliki nilai ekonomi, utamanya sampah yang tak bisa terurai oleh tanah. Sampah jangan dikira tak terpakai. Jika memahaminya, maka sampah akan menjadi rebutan karena memiliki nilai ekonomi. Nah, untuk menyalurkan sampah dengan tepat, maka Bank Sampah yang ada di Pasar Sentral Masamba, menjadi saluran yang tepat.  

“Selama ini orang masih cuek dengan sampah, padahal sesungguhnya sampah itu juga bernilai ekonomi. Dengan adanya Bank Sampah, kita berharap ini dimanfaatkan,” kata Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup, Imran, usai Gerakan Aksi Bersih-bersih, Sabtu (21/9/2019), di Pasar Sentral Masamba. Menurutnya, jika Bank Sampah dimanfaatkan dengan baik, maka tidak akan ada lagi sampah yang terbuang karena sudah terpilah dari rumah. 

“Sampah basah akan terurai di tanah sebagai pupuk, dan yang kering masuk ke Bank Sampah dan tentunya akan bernilai ekonomi. Jadi, kalau ada sampah, jangan dibuang tapi simpan di Bank Sampah,” harapnya. “Sebenarnya kalau kita mau jujur, uang itu berserakan di mana-mana,” sambungnya. Ke depan, kata dia, akan ada regulasi yang akan mengatur tarif keekonomian dari jenis sampah nasabah. 

Mantan Kabid Perkebunan ini meyakini, dengan konsep Bank Sampah akan melahirkan antusiasme masyarakat karena sampah tidak lagi nir makna, melainkan memiliki nilai yang dapat membantu masyarakat meringankan kebutuhan ekonominya. “Akan ada daya tarik tersendiri bahwa sampah ternyata bernilai. Dari sampah, mereka bisa saja membayar tagihan rekening listrik, pembayaran PBB, dan BPJS,” jelas Imran.

“Dengan konsep ini pula, daerah bisa menghitung berapa jumlah sampah setiap tahunnya, dan berapa sampah dikurangi setiap tahunnya. Jadi, tidak ada data sampah yang mengambang, karena sudah menjadi data riil,” pungkasnya. Untuk jadwal penimbangan dilakukan 2 kali seminggu, yakni Kamis dan Jumat.  Turut hadir Kalaksa BPBD Muslim Muhtar, Kadinsos Besse A. Pabeangi, Sekretaris Dishub Andi Sukri, dan Camat Masamba Ari Setiawan. ** A.Risal **

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *