21 Orang Penduduk Aceh Singkil Terjangkit DBD

  • Bagikan

21 Orang Penduduk Aceh Singkil Terjangkit DBD

Ginews Aceh Singkil, Dalam beberapa pekan terahir, Masyarakat Aceh Singkil diserang Demam Berdarah (DBD) Dengue, Mulai dari anak-anak hingga orang Dewasa, Hampir satu bulan ini terus meningkat.

Tercatat sampai hari ini telah menyerang 21 orang, Dari jumlah tersebut, 9 merupakan pasien anak-anak, dan 12 orang adalah pasien dewasa.

Hal ini disampaikan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Aceh Singkil dr. Khuzaini, SP.B kepada beberapa awak media, dirung kerjanya, Rabu 19/09/2019.

Dikatakanya, serangan DBD pada bulan Agustus lalu mencapai 12 kasus, Artinya terjadi peningkatan 9 kasus sampai pada hari ini,” kata Khuzaini.

Secara rinci Khuzaini menyebut kasus DBD selama ini masih dapat tertangani pihak rumah sakit, Tercatat dari 21 kasus tersebut 19 pasien dinyatakan sehat dan sudah pulang ke rumah masing-masing, sementara 2 pasien lainnya sampai saat ini masih menjalani rawat inap, ucapnya.

“ Ditambahkanya, musim pancaroba yang terjadi di Aceh Singkil menjadi salah satu penyeb terjadinya kasus DBD.

Pihaknya menghimbau agar masyarakat lebih pro aktiv dalam mencegahnya seperti tempat yang berpotensi menampung air, sebaiknya dikuras dan dibersihkan.

“Kalau ada bubuk obat Abate bisa ditaburkan, atau kalau ada tempat yang riskan menampung air, dibalikkan saja seperti mangkok, ember bekas dan lain-lain” harapnya.

Selain itu pihak RSUD juga telah melaporkan hal ini kepada Dinas Kesehatan setempat untuk dilakukan fogging di lokasi yang terkena DBD.

Sementara dari data yang dihimpun, jumlah penderita DBD di Aceh Singkil tersebar di Kecamatan Gunung Meriah dengan 16 kasus, Simpang Kanan dengan 3 kasus, dan Singkil Utara dengan 2 kasus.

Kemudian penduduk desa paling banyak mengidap DBD yakni di Desa Blok VI Baru dan Suka Makmur Kecamatan Gunung Meriah dengan masing-masing 3 pasien.

*(S/HTB)

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: