Joget Dangkong Seni Ciri Khas Joget Melayu

oleh -5 views

Joget Dangkong Seni Ciri Has Joget Melayu

DABO SINGKEP – ginewstvinvestigasi.com ■
Salah satu seni tarian yang ada d Provinsi Kepulauan Riau adalah seni tari joget dangkong atau lebih akrab di telinga masyarakat Kepri dengan tari melayu dangkong, ” tutur Pak Awang, kamis (26/09/2019) saat ditemui awak media.

Pak Awang (60) salah seorang yang berkecimpung di tarian kesenian joget dangkong menerangkan bahwasanya tarian tersebut sudah ada sejak zaman Kerajaan Melayu Lingga dan mulai populer pada era tahun 1960-an. Kepopulerannya, tidak hanya di wilayah Kepri tapi sudah merambat ke daerah-daerah lain yang lebih luas.

Kepopuleran tarian ini membuat para penari joget dangkong yang ada di Daik dan Dabo untuk memperkenalkan kesenian tersebut k seluruh pelosok wilayah nusantara.

Kesenian joget dangkong ini sering dimainkan di acara pernikahan dan perayaan dan sudah mulai diminati oleh masyarakat dan mancanegara.

Dengan keunikan dari alunan daya tarik musiknya, sebaiknya harus didukung oleh pemangku pemerintahan agar tarian joget dangong dapat menjadi warisan budaya yang tak lekang dimakan waktu dan juga dinikmati pada generasi selanjutnya. (Iswandi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *