KINERJA KEMENAG SULSEL CAPAI NILAI 75, 112

oleh -6 views

KINERJA KEMENAG SULSEL CAPAI NILAI 75, 112

Makassar, Global investigasi News.co id (Inmas Sulsel). Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Agama (Kemenag) RI, memberi nilai 75, 112, atas capaian kinerja aparat sipil negara (ASN) Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan.

‘’Nilai kinerja Kanwil Kemenag Provinsi Sulsel adalah 75.112,’’ ujar Agus Susanto, Pengendali Teknis Tim Audit Kinerja Itjen Kemenag RI, saat ekspose (pemaparan) hasil audit (pemeriksaan), atas kinerja instansi Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulsel, Jumat 27 September 2019.

Sebelumnya, tim audit telah bekerja selama lebih kurang dua pekan, untuk audit kinerja dan memberi nilai yang cukup memuaskan, dengan indiktor kualitas kinerja terdiri; cukup ekonomis dalam pengelolaan anggaran, cukup efisien dalam kinerja fungsi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pelaporan, dan cukup efektif dalam pencapaian hasil (outcome).

Dikatakan Agus Susanto, yang membawahi dua tim audit, yakni Tim I dan II, hasil audit kinerja pada satuan kerja (Satker) Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulsel, adalah sebagai berikut: 1)Nilai hasil sub fungsi pengelolaan anggaran adalah sebesar 10,720 dari nilai maksimal sebesar 15,000.

2)Nilai hasil fungsi perencanaan, yang terdiri nilai hasil fungsi pelaksanaan (kecuali sub fungsi pengelolaan anggaran), dan nilai hasil fungsi evaluasi dan pelaporan adalah sebesar 56,054 dari nilai maksimal sebesar 75,000. 3)Nilai hasil fungsi pencapaian hasil (outcome) adalah sebesar 8,338 dari nilai maksimal sebesar 10,000.

Menurut Agus Susanto, pada ekspose yang juga dihadiri seluruh anggota tim audit berjumlah sepuluh orang (dua tim), fungsi evaluasi dan pelaporan juga menjadi sasaran pemeriksaan tim audit. Dan disimpulkan bahwa penyusunan laporan keuangan pada umunya di Kanwil Kemenag Provinsi Sulsel, sudah berjalan dengan baik, namun penyusunan laporan keuangan di beberapa bidang, belum makasimal seperti ditemukannya kesalahan dalam penggunaan akun belanja.

Sementara pencapaian hasil outcome/keluaran, yang menjadi hasil pemeriksaan adalah: 1)Pencapaian target dalam perjanjian kinerja pada tahun anggaran 2018 pada Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulsel, terpenuhi 93,76% (sembilan puluh tiga koma tujuh puluh enam persen).

Dikatakan, terdapat pula prestasi dan/atau penghargaan yang diraih oleh Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulsel pada tahun anggaran 2018, ialah 3 prestasi tingkat lokal, dan 9 prestasi tingkat nasional. Sementara pada tahun anggaran 2019 ada 2 prestasi tingkat lokal.

‘’Hasil penilaian PMRB (Penilaian Mandiri Reformasi Birokrasi) adalah 61,65 (enam puluh satu koma enam puluh lima),’’ jelasnya Agus Susanto.

Kakanwil Kemenag Provinsi Sulsel, H. Anwar Abubakar dalam sambutannya mengatakan, salut atas pencapaian hasil kinerja Kemenag Provinsi Sulsel, dan tentu berharap, ke depan nilai ini bisa dipertahankan atau lebih ditingkatkan lagi.

‘’Sebagai aparatur Kemenag saya menekankan agar semua kegiatan atau program yang ada, bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, dan sekali-sekali jangan membuat kesalahan, atau mengulangi kesalahn yang pernah ada,’’ ungkap Kakanwil pada acara yang dihadiri Kabag TU, para Kabid, para Pembimas, para Kasubbag dan Kasi serta pelaksana/staf.

Usai ekspose, Pengendali Teknis menyerahkan hasil audit kepada kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulsel.

Laporan:Safrida sf/Humas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *