Dandim 0424/Tanggamus Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Hari Sumpah Pemuda & Hari Santri Nasional

oleh -0 views

Dandim 0424/Tanggamus, Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Hari Sumpah Pemuda & Hari Santri Nasional

Tanggamus – Dandim 0424/Tanggamus Letkol. Arh Anang Hasto Utomo, S.Ip,M.Han., Melaksanakan “Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Hari Sumpah Pemuda dan Hari Santri Nasional” di Lapangan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus, Selasa (01/10/2019).

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Bupati Kabupaten Tanggamus Hj. Dewi Handajani SE.,MM, Wakil Bupati Kabupaten Tanggamus Hi.AM.Syafii,S.Ag., Letkol. Arh.Anang Hasto Utomo, S.IP, M.Han Dandim 0424/Tanggamus, Kompol Misbahuddin Polres Tanggamus, Kejari Kabupaten Tanggamus David Palapa Duarsa, SH, MH., Asisten III Sekda Kabupaten Tanggamus Drs.Jonsen Vanisa, Asisten II Sekda Kabupaten Tanggamus Ir.FB.Karjiono, Asisten I Sekda Kabupaten Tanggamus Hi. Faturahman, SH., Ka. Lapas Kota Agung Sohiburachman, Seluruh Kepala Organisasi Pemerintah Daerah (OPD), seluruh Camat Se-Kabupaten Tanggamus, TNI, Polri, Instansi dan seluruh peserta upacara.

Dandim 0424/Tanggamus Letkol. Arh Anang Hasto Utomo, S.IP,M.Han., selaku Inspektur upacara menyampaikan amanatnya Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah memberikan limpahan rahmat dan karunia-Nya kepada kita semua, sehingga kita masih diberikan kesehatan dan kesempatan untuk dapat mengikuti, “Upacara Bulanan Memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Hari Sumpah Pemuda ke-91 dan Hari Santri Nasional ke-4 Tingkat Kabupaten Tanggamus tahun 2019, yang kita peringati pada hari ini dalam keadaan sehat wal’afiat, “kata Dandim 0424/Tanggamus Letkot. Arh. Anang Hasto Utomo, S.Ip, M.Ham.

Hari Kesaktian Pancasila yang kita peringati tepat hari ini mengandung makna yang amat penting bagi sejarah perjalanan bangsa Indonesia.
Karena itulah Pancasila dijadikan sebagai Dasar Negara,
“Artinya segala tindak tanduk sebagai warga Negara dari Republik yang bernama Indonesia, haruslah didasarkan pada nilai-nilai dan semangat Pancasila. Apakah dia sebagai seorang Politisi, Birokrat, Aktivis, Buruh, Mahasiswa dan lain sebagainya. Akan tetapi banyak kenyataan yang biasa membuktikan bahwa nilai-nilai dan semangat Pancasila sudah kurang membumi, “ungkap Dandim 0424) Tanggamus Letkot. Arh. Anang Hasto Utomo, S.Ip, M.Ham.

Peringatan hari Kesaktian Pancasila setiap tanggal 1 Oktober, harus dijadikan sebagai kesempatan untuk merefleksikan tentang pemaknaan nilai-nilai dan Kesaktian Pancasila itu sendiri. Hal ini penting khususnya bagi generasi muda bangsa ini. Generasi baru tidak akan memiliki rasa percaya diri dan kebanggaan atas bangsa ini tanpa mengenali sesungguhnya sejarah kehidupannya. Di tengah terpaan pengaruh kekuatan Global, kita seharusnya menguatkan dan memperlengkapi diri agar tidak terjerembab dalam lika-liku zaman sekarang ini. Salah satunya adalah dengan menggali kembali nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila itu sendiri. Nilai-nilai itulah yang kemudian kita maknai sebagai energi untuk membangun kembali jati diri bangsa ini. Bangsa ini bisa berdiri tegak, hanya jika mau kembali menghidupkan dan sekaligus mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila itu sendiri. Kesaktian disini bukan diartikan Pancasila secara aktif mampu melakukan sesuatu, melainkan pandangan serta nilai-nilai yang terdapat dalam Pancasila mampu ditranformasikan oleh komponen Bangsa dalam berkehidupan Kebangsaan dan Bernegara.
‘’Para pemuda sekalian yang kami banggakan Selain memperingati Hari Kesaktian Pancasila, pada upacara ini kita juga memperingati Hari Sumpah Pemuda.

“Kami menyampaikan salam hangat bagi tokoh-tokoh pemuda di Kabupaten Tanggamus dan di seluruh penjuru Negeri beserta keluarga untuk tetap berjuang dan berupaya sekuat tenaga demi kemajuan dan kemakmuran bangsa Indonesia untuk terus menjaga keutuhan NKRI. Penghargaan dan hormat kita semua kepada Bung Karno bapak bangsa tokoh pemuda masa itu, yang meneriakkan kalimat yang sangat terkenal “beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya, beri aku 10 Pemuda, Niscaya akan kuguncangkan dunia, “pungkas Dandim 0424/Tanggamus Letkot. Arh. Anang Hasto Utomo, S.Ip,M.Ham. (Heri Apriyanto).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *