PAPAN PROYEK PAMSIMAS SUKACAI DIDUGA PAMERKAN “KETIDAK-JUJURAN” KEPADA MASYARAKAT

oleh -0 views

PAPAN PROYEK PAMSIMAS SUKACAI
DIDUGA PAMERKAN KETIDAK – JUJURAN KEPADA MASYARAKAT

Pandeglang – Informasi yang tertera pada Papan Proyek Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi berbasis Masyarakat (Pamsimas) yang terpasang di lokasi kegiatan tepatnya di Kp Pamatang Desa Sukacai Kecamatan Jiput Kabupaten Pandeglang terindikasi adanya bentuk kalimat ketidak jujuran yang dilakukan secara sadar untuk di ketahui oleh Masyarakat,

Pasalnya dalam kalimat itu tercantum bahasa IN CASH dalam arti Iuran Tunai Masyarakat sebesar Rp 14.000.000,- sementara dari hasil investigasi wartawan justru berbalik keadaan artinya tidak satupun masyarakat mengatakan bahwa mereka memberikan iuran baik di angsur maupun tunai Boro-boro iuran Pamsimas, buat makan sehari-hari saja sulit.ungkap salah satu Masyarakat yang namanya minta untuk tidak di publikasikan.

Sementara Samian Kepala Desa Sukacai sekaligus sebagai Pembina dari Program tersebut saat dikonfirmasi membenarkan mana ada masyarakat yang mau iuran, terang Mian di Kantor Desa Sukacai didampingi Dede selaku Kelompok Kerja Masyarakat (KKM) Pamsimas Selasa lalu (1/10/19).

Aan tetapi selang beberapa menit kemudian keterangan Mian berubah arah rencananya akan di cicil oleh masyarakat, hanya utuk sementara ini di tanggulangi oleh pihak ketiga, kelit Mian, mecari cari celah pembenaran entah siapa yang di sebut pihak ketga sebab Mian tidak menerangkan secara jauh siapa sebenarnya pihak yang di maksud.

Mencermati persoalan itu M Rusdi Sekretaris LSM DPD Gempita Kabupaten Pandeglang mengatakan, terpasangnya Papan Proyek merupakan wujud ketransparanan sebagaimana yang tertuang pada Undang-undang keterbukaan publik Nomor 14 Tahun 2008 dengan maksud diantaranya agar di ketahui rencana kebijakan yang sedang di laksanakan, mendorong partisipasi publik juga meningkatkan peran aktif Masyarakat.

Hanya persoalannya lanjut Rusdi.kalimat-kalimat yang tertuang dalam papan proyek itu harus benar dan transparan dalam arti tidak ada indikasi ketidak jujuran atau kebohongan, mengingat Program Pamsimas itu menggunakan uang Negara.

Sebelum berita ini di rilis Wartawan mempertanyakan soal In Cash pada Fahira Fasilitator Pamsimas lewat Phoncell Masalah itu tanyakan saja pada pihak Desa kami tidak tahu apa-apa. Hal sama di katakan Dede KKM Pamsimas Tanyakan saja pada Ibu Fahira . jawabnya lewat Phonsel berbalik arah.

Pamsimas Desa Sukacai sejatinya memang layak dikritisi dan dicermati sebab diruntut dari awal, terkesan adanya bentuk ketidak jujuran, contohnya beberapa narasumber memberikan pernyataan membias.*** ( Nuryahman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *