Serda Lala Dampingi Dinas Kesehatan Kecamatan Muara Sosialisasikan BABS

  • Bagikan

Serda Lala dampingi dinas kesehatan kec. Muara sosialisasikan BABS.

Taput,Sumut, – ginewstvinvestigasi.com
Dalam rangka menciptakan lingkungan kampung/desa bebas dari BABS (Buang Air Besar Sembarangan) dinas kesehatan dari puskesmas kec. Muara dan Babinsa 06/Muara Kodim 0210/TU sosialisasi Masyarakat agar pentingnya jamban. di rumah ibu P. Simatupang desa Muara kec. Muara Kab. Tapanuli Utara Sumatera Utara Selasa (01/10/2019).

Ibu Rosmaida Pasaribu selaku UPT kec. Muara didampingi Babinsa 06/Muara yang langsung melakukan survei ke warga Desa Muara. Ia sangat prihatin pasalnya banyak warga yang belum memiliki jamban bahkan sebagian yg sudah memilki jamban tetapi tidak memiliki septic tank.

Lanjut ibu Rosmaida Pasaribu Dalam survei langsung ke lapangan ini sekaligus sosialisasi pentingnya memiliki jamban di setiap rumahtangga, ini akan menghindari masyarakat BABS. Dari data yang ada masih terdapat sebagian warga diDesa Muara belum memiliki jamban.

Banyak faktor mengapa warga yang terbiasa BAB di sungai,kebun,sawah salah satu faktor yang paling mendasar adalah faktor ekonomi.

Kedepan Pihak puskesmas kecamatan Muara akan menggandeng pihak Koramil 06/Muara untuk bersama-sama bahu membahu mencari solusi terkait jambanisasi di desa Muara.

Sementara itu Babinsa Serda Lala menyampaikan selama ini kami dari Koramil 06/Muara sudah melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat, yaitu dengan program Jambanisasi yang sudah kami lakukan, dibeberapa desa di kecamatan Muara.

dengana servei dan sosialisasi ini diharapkan warga masyarakat desa Muara tidak lagi BAB sembarang tempat seperti di sungai, ladang/kebun dan sawah. Mari kita jaga kebersihan lingkungan kita, dimulai dari BAB yang higienis dan tidak disembarang tempat. Sudah menjadi kebutuhan yang sangat mendasar dan paling pokok yaitu jamban. Seharusnya di setiap rumah warga haruslah ada jambanya demi keberhasilan tempat tinggal dan lingkungan,tutup serda Lala.(Pendim/TU)

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: