Bupati Muara Enim Buka Acara TMMD Kodim 0404/Muara Enim

oleh -8 views

Bupati Muara Enim Buka Acara TMMD Kodim 0404 Muara Enim

MUARA ENIM Upacara pembukaan TMMD ke 106 tahun/2019 Kodim 0404/Muara Enim di hadiri Plt.Bupati Muara Enim H Juarsah SH, Kapendam ll Swj Kol Inf Djohan, Kodim 0404 Muara Enim Letkol Inf Syafruddin, Pelaksanaan harian Kepala Staf Korem Plh Kasrem 0404/Gapo Letkol Inf Imam Priharsoh SH. MH, Danyon Yonif 141/AYJP, Polres Muara Enim, BUMN, Dis Hub, Sat Pol PP, Damkar Serta para undangan, Acara digelar di Halaman Sekolah SMP Negeri 01 Desa Beringin Kecamatan Lubai Kabupaten Muara Enim Sumsel, Rabu (02/10/2019).

Upacara TMMD di pimpin langsung Bupati Muara Enim H Juarsah SH Menyamapikan kegiatan ini sudah merencanakan dan menyiapkan pelaksanaan kegiatan tmmd dan 106 tahun 2019 di wilayah Kodim 0404 pelaksanaan pelaksanaan kegiatan tmmd 106 tahun 2019 0404 Muara Enim selama 30 hari dimulai tanggal 2 Oktober sampai dengan 31 Oktober 2019.

” Pelaksanaan TMMD merupakan program operasi bakti TNI yang bertujuan untuk mewujudkan kemanunggalan TNI bersama rakyat dalam pelaksanaan kegiatan bantuan kemanusiaan dan bakti sosial kemasyarakatan dalam rangka membantu otoritas sipil untuk menciptakan suasana yang kondusif bagi terwujudnya keamanan dalam negeri dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Sebagaimana kita ketahui bahwa program tmmd ini dilaksanakan melalui proses perencanaan yang mengutamakan aspirasi dan kepentingan masyarakat di daerah sasaran dengan menggunakan sistem perencanaan dari bawah sistem yang dilaksanakan secara komprehensif dan integral.

Kegiatan tmmd melibatkan semua unsur yang terkait mulai dari tingkat desa atau kelurahan sasaran-sasaran yang dipilih berdasarkan skala prioritas diteliti dan dipadukan dengan program pemerintah daerah dibahas dengan DPRD untuk disahkan menjadi program pembangunan daerah yang dimuat dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah atau APBD program tmmd secara terpadu memasukkan program masing-masing dinas atau instansi yang meliputi 2 bidang yaitu program pembangunan fisik dan program non fisik program pembangunan fisik berupa pembangunan fasilitas umum dan fasilitas sosial serta pembangunan lingkup pemukiman masyarakat di lokasi sasaran 

Kegiatan TMMD ini menggunakan Anggaran Sewakelola Pemda Kabupaten Muara Enim dengan Sasaran Fisik pembukaan jalan 4 KM lebar 10 M, pembuatan Plat Dueker 6 Unit, Pembuatan jembatan sepanjang 50 M, pembuatan Mushola 1 unit, Rehab total rumah penduduk 3 unit, Rehab ringan rumah penduduk 5 unit, pembuatan pos kambling 6 unit.

Sedangkan untuk Sasaran Non Fisik dengan Penyuluhan agama, penyuluhan narkoba, penyuluhan sosialisasi bela negara, Penyuluhan pelayanan Capil dan kependudukan, Penyuluhan Sosialisasi ketahanan pangan, Penyuluhan sosialisasi kesehatan masal, Penyuluhan pelayanan KB, Sosialisasi Budi daya pertenakan, Penyuluhan sosialisasi peremajaan karet rakyat, dan Pemutaran film.

“Kegiatan TMMD ini  bertujuan membantu Pemda Kabupaten Muara Enim dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan baik Sasaran Fisik mau pun Non Fisik dan memantapkan kemanggulan TNI Rakyat dalam rangka menyiapkan Ruang Juang Kondisi Juang yang tangguh khususnya di Desa Beringin Kecamatan Lubai Kabupaten Muara Enim.” ucap Juarsah.

Kapendam ll Swj Kol Inf Djohan menyampaikan kegiatan TMMD ini Tentara Nasional Indonesia terkait dengan program bekerjasama dengan pemerintah daerah. TNI sudah melaksanakan kegiatan ini yang dulunya 2 kali  setahun sekarang 3 kali di tahun 2019 ini 145 yang ke-6.  Di Kodam ll ada 5 daerah yang dilaksanakan Banyuasin, Muara Enim, Belitung Bengkulu Selatan, Lampung Barat semua pembangunan tmmd ini atas kerjasama dengan pemerintah daerah mendata.

” Lanjut di katakan juga” komando kewilayahan juga mendata di mana sektor yang perlu dimajukan di wilayahnya yang kita hari ini kita bisa melihat ada saudara kita yang mungkin kurang mampu kita bangunkan rumah, jembatan juga kegiatan non fisik dan  macam-macam keterampilan juga bisa bentuk bela negara penyuluhan, kurang lebih 1 bulan itu harus selesai dan bisa dinikmati oleh seluruh saudara-saudara kita di khususnya di Muara Enim. Bantuan dari CSR.” tutur Djohan.
(Agus Kai)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *