Warga Desa Berindat Kembali Melakukan Aksi Demo

  • Bagikan

Warga Desa Berindat Kembali Melakukan Aksi Demo

LINGGA
Kembali Warga Desa Berindat, Kecamatan Singkep Pesisir, Kabupaten Lingga, melakukan aksi unjuk rasa (demo). di depan Kantor Desa Berindat, Rabu (2/10/2019). 

Dalam aksi tersebut, warga mempertanyakan kembali tindak lanjut dari hasil kesepakatan antara Kades Berindat, Idris dengan warga dan Wakil Bupati Lingga, Muhammad Nizar, pada 12 September lalu. Saat itu, kades diminta menyiapkan semua pekerjaan yang tertunda, paling lambat 30 September.

Bahkan pada kesempatan itu, Nizar juga berjanji akan menurunkan tim khusus untuk memantau kegiatan dan meng-audit Desa Berindat. Namun, menurut warga sampai hari ini tidak ada tim tersebut turun ke lapangan.

Hingga hari ini kaur keuangan desa juga tidak masuk bekerja. Tentu saja hal itu menjadi pertanyaan warga setempat. “Tanpa adanya kaur keuangan yang seharunya sebagai penarik dan pembayaran keuangan dalam pelaksana kegiatan Tim Pengadaan Barang/Jasa (TPBJ), ntah bagaimana proses yang dilakukan,” ujarnya.

“Siapa yang melakukan pembayaran dan pengadaan barang dan jasa hanya kades yang tahu. Ketika ditanya kepada tukang, pihak ketiga yang menghandle semuanya,” lanjut dia.

Kemudian tuntutan lainnya yang disampaikan warga dalam aksi tersebut yakni, terkait dana tahap II 2019 yang sudah masuk ke rekening desa sebanyak dua bulan. Padahal belum ada realisasi sama sekali.

“Seperti disampaikan kades, untuk kegiatan pembangunan jalan batu putih, menggunakan dana tahap II 2019. Belum dapat terealisasi dengan alasan adanya pembangunan gedung SMP di ujung jalan. Tapi kenapa kegiatan bidang pemberdayaan dan pembinaan yang menggunakan dana tahap II 2019 belum sma sekali terealisasi juga,” keluh wanita yang juga sebagai kader posyandu Desa Berindat ini.

Namun sayangnya, Kades Berindat tidak berada di lokasi saat aksi tersebut digelar. Puluhan warga itu hanya disambut Sekretaris Desa (Sekdes), Neni Triana. Ia pun tak bisa berbuat banyak selain mendengarkan aspirasi masyarakat. (Iswandi)

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: