Camat Singkil Utara: Kita Akan Lakukan Pemindahan Pedagang Di Simpang Empat Gosong Telaga Ke Pasar Singkil Utara

  • Bagikan

Ginews Aceh Singkil, Setelah melakukan penertiban Pasar Singkil Utara pagi hari, Team penertiban Pasar Singkil Utara melanjutkan Rapat koordinasi di Kantor Desa Gosong Telaga Timur Kecamatan Singkil Utara Kabupaten Aceh Singkil, Selasa 08/10/2019.

Rapat koordinasi Tiga Dinas, dihadiri Dinas Prindagkop UKM, Dinas Pol-PP dan Dinas Perhubungan Kepala Desa Gosong Telaga Timur, Ketua BPK dan Ketua Pemuda setempat, yang dimediasi oleh Camat Singkil Utara, ingin langsung mendengar penyampaian dari Kepala Desa, Apa sebenarnya yang tejadi di Pasar Singkil Utara pasca Memorendum of undarstanding (MoU), Antara Dinas Prindagkop UKM dan Pemerintahan Desa Gosong Telaga Timur beberapa bulan yang lalu.

Pantauan awak Media Global Investigasi.com.id, lebih awal Camat Singkil Utara Amril AR, SH.MM menuturkan telah melakukan konsultasi dengan Bupati Aceh Singkil, menyangkut kesemerautan Pasar Singkil Utara.

Menurut “Amril AR, Bupati merespons positif dan mendukung langkah-langkah ini, namun beliau Bupati Red, menyampaikan agar penertiban tidak hanya dilakukan sekedar serimonial belaka, ” ungkapnya.

Dalam rapat koordinasi itu, Amril AR, menyampaikan bahwa tidak ada protes yang bearti dilakukan pedagang terkait penertiban yang baru saja dilakukan. Artinya kata Amril Red, tinggal pihak Desa menyikapi bagai mana kedepan Pasar Singkil Utara ini bisa Aman bagi pengguna jalan dan nyaman bagi para pengunjung yang hendak berbelanja, “ungkapnya.

Kepala Dinas Prindagkop UKM melalui Kabid perdagangan, Menyampaikan bahwa kesemerautan adalah bagian dari penomena pasar, Ada 23 pasar yang tersebar diseluruh Kabupaten Ach Singkil, hampir semua sama keluhanya.

Namun di Pasar Singkil Utara mutlak kewenagan Pemerintahan Desa Gosong Telaga Timur untuk melakukan penertiban, karena Pasar Singkil Utara sudah di Pihak ketigakan kepada Pemerintahan Desa.

Tapi jangan lupa bila melakukan penertiban haruslah melalui pendekatan Persuasif, bukan sikap Arogansip, ” tutur Kabid itu.

Dalam kesempatan itu ia, memberi saran agar Pemerintah Desa menunjuk petugas pengelola Pasar dan dilengkapi dengan atribut untuk pengenalan petugas, pintanya.

Kepala Desa Gosong Telaga Timur (Eliati), menyampaikan bahwa pengelolaan Pasar Singkil Utara saat ini masih tahap masa percobaan.

Kedepan kita akan menunjuk petugas pengelola Pasar ini, dan akan kita musyawarahkan nantinya bersama Badan Permusyawaratan Kampong (BPK), apakah pengelolaan Pasar ditangani oleh BUMDes atau Pemuda, “ucap Eliati yang kerap disapa Kak Eli itu.

Dia juga menyampaikan bahwa dalam pengelolaan Pasar selama ini, tidak mendapat keuntungan sama sekali.

Tidak ada hasil yang didapat selama ini, tuturnya, namun tidak pula rugi, ” ungkap eli.

Karena kendala yang didapat banyak sekali, termasuk jual beli lapak, hal inilah yang membuat kami tidak mendapatkan hasil, ” imbuh Eli.

Sebelum rapat koordinasi ditutup, Camat Singkil Utara meminta kepada dinas terkait agar dapat melakukan kerjasama dalam melakukan Pemindahan Pedagang yang berjualan disimpang Empat Gosong Telaga Utara pada hari Saptu 12/10/2019, jam 07:30 WIB kita sudah berada di Tempat, dan saya akan meminta dukungan dari Kepala Desa Gosong Telaga Utara, ” ucapnya.

*(HTB)

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: