Dandim 0104/Atim Ikuti Sosialisasi Pendidikan Keluarga Pada 1000 HPK

  • Bagikan

Global investigasi news co.id Aceh Timur-Dandim 0104/Aceh Timur yang diwakili Danramil 06/Dam Kapten Inf Razak ikuti sosialisasi pendidikan keluarga Pada 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK), yang bertempat di Aula serbaguna pendopo Bupati Aceh Timur, Jln. Petuah Husaen, Gampong Jawa, Kecamatan Idi Rayeuk, Kabupaten Aceh Timur, Selasa (08-10-2019).

Kegiatan yang di selenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemkab. Aceh Timur tersebut dibuka oleh Bupati Aceh Timur H. Hasballah H.M Thaeb, SH dan bertujuan untuk menurunkan angka Stunting. Sosialisasi tersebut akan diselenggarakan selama 3 hari mulai tanggal 08 s/d 10 Oktober 2019.

Ikut dalam kegiatan tersebut Perwakilan dari Kementerian dan Kebudayaan RI (Narasumber/Pemateri) Yohana Rumanda, Unsur Muspida dan Muspika Aceh Timur, Bunda Paud dan Tim Penggerak PKK Kab. Aceh Timur, Perwakilan Dharma Wanita Persatuan (DWP) se Kab. Aceh Timur, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan dan Gampong se Kab. Aceh Timur.

Bupati Aceh Timur dalam sambutannya mengatakan bahwa data riset kesehatan dasar Kementerian RI tahun 2018 mencatat bahwa 1 dari 3 anak dari berbagai daerah di Indonesia masih mengalami Stunting, dari 160 Kab/Kota yang menjadi fokus program penurunan Stunting di Indonesia, Aceh Timur merupakan Kabupaten Nomor 3 terbanyak Kasus Stunting di Provinsi Aceh setelah Kab. Aceh Tengah dan Kab. Pidie, “katanya.

Yohana Rumanda saat memberikan materi menyampaikan tentang pencegahan penurunan angka Stunting. Mengatasi persoalan stunting tidaklah sulit, jika semua pihak berkomitmen untuk mengatasinya, apalagi ditopang dengan kebijakan dari pengambil kebijakan yang terfokus untuk mengatasi persoalan antara lain :

  • Ketahanan Pangan (Ketersediaan, Keterjangkauan dan Akses Pangan Bergizi)
  • Lingkungan Sosial (Norma, Makanan Bayi, Makanan Anak, Kebersihan, Pendidikan dan tempat kerja)
  • Lingkungan Kesehatan (Akses, Pelayanan Preventif dan Pelayanan Kuratif)
  • Lingkungan tempat tinggal dan Data/Informasi (Bahaya/Dampak dari Stunting, penyebab Stunting, pencegahan Stunting serta Penanganan Stunting).

Kegiatan Sosialisasi tersebut merupakan upaya pemerintah khususnya Kementerian dan Kebudayaan RI dalam rangka penurunan angka stunting (Kekerdilan dan Kurang gizi) dan mencegah tidak terjadinya kembali kasus gizi buruk yang terjadi di Kabupaten Aceh Timur, dengan Sosialisasi yang di berikan kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Timur melalui para guru Pendidikan Usia Dini (PAUD).(E)

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: