Saling Tuding Pihak Kontraktor Pasca Ambruknya Talud Di Tran Nelayan

oleh -1 views

Ginews Aceh Singkil, Diduga akibat minimnya pengawasan sehingga Paket Pengerjaan Sistem Drenase Saluran Skunder di Tran Nelayan Desa Suka Damai Kecamatan Singkil Kabupaten Aceh Sungkil, berakibat ambruk, Minggu 05/10/2019.

Hal itu timbul stegmant dari 2 kelompok pemborong saling salahkan, dari ke 2 pemborong itu yang saat ini sedang melaksanakan kegiatan di lokasi.

Peket pengerjaan yang dilaksanakan oleh PT. Paya Beudoh Mandiri, Pekerjaan Pembangunan Saluran Skunder Sistem Drenase dengan Pagu Anggaran lebih kurang mencapai 5 Milyar.

Kegitan itu saat ini hampir rampung dikerjakan, namun tumbang (ambruk) sepanjang lebih kurang 45 meter.

Masyarakat Desa setempat menduga tumbangnya talud itu bukan hanya penyebab musim penghujan saja, tapi sejak awal pemasangan talud itu terlihat dikerjakan asal-asalan.

Pasalnya jarak cerucuk (pasak bumi) sangat tidak relevan, bahkan hampir tidak ada cerucuk di sepanjang talud yang ambruk, ditambah lagi besi selop tidak terhubung satu sama laian.

Konsultan Pengawas (Asmar) saat di konfirmasi melalui pesan WatsAAp, menuturkan tumbangnya talud itu akibat genangan air.

Tumbangnya Talud itu akibat genangan air, elevansinya air menumpuk ditempat rendah sehingga mengakibatkan tumbangnya bangunan talud, “ucap Asmar.

Terpisah, Salah seorang pekerja yang tidak mau dicantumkan namanya, menuturkan Kepada Media Global Investigasi.com.id, Selasa 08/10/2019, bahwa tumbangnya talud itu akibat dari tidak adanya beton penyangga yang mengikatkan antara talud sebelah dengan yang sebelahnya lagi.

Saya tidakengerti bagaimana pemahaman tukang terhadap RAB & Gambar, ungkapnya.

Padahal sudah sangat jelas dalam gambar bahwa ada balok pengikat antara talud kiri dan kananya. Agar bangunan talud saling mengikat jika sudah terhubung satu dengan yang lain kan kontruksinya jadi kokoh, ungkap tukang itu.

Sehingga tidak berakibat buruk seperti ini, ” katanya.

*(HTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *