Pemprov Sulut Fokus Pulangkan Warga Kawanua Dari Wamena Papua

oleh -9 views

globalinvestigasinews.co.id ■ Pasca konflik beberapa waktu lalu di Wamena Papua, menjadi perhatian khusus bagi pihak Pemerintah Sulawesi Utara.
Kendati kondisi Wamena sudah membaik, namun warga Kawanua yang berniat untuk kembali ke Sulawesi Utara (Sulut) tetap difasilitasi oleh pihak Pemerintah.

Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), melalui Steven Kandouw saat ditemui diruang kerjanya, Rabu (09/10/19) mengatakan, Pemerintah Provinsi Sulut sangat respon memulangkan warga Kawanua yang ingin kembali kemanado. “Kendati pemerintahpun tidak akan memaksa bagi warga kawanua yang mungkin belum mau akan kembali, mengingat adanya pertimbangan-pertimbangan karena tidak sedikit yang sudah bekerja lama disana”. Namun, Pemerintah tidak tinggal diam menyikapi situasi yang menimpah warga kawanua khususnya.

“Untuk mengantisipasi kejadian di Wamena pasca kerusuhan beberapa waktu lalu di mana banyak masyarakat yang mengungsi termasuk warga Sulawesi Utara, maka sebagai pemerintah, sudah melakukan langkah-langkah untuk memulagkan warga kawanua,” tegasnya.

Sembari menunggu transportasi yang akan mengangkut pengungsi, wagub menyebut bahwa keadaan mereka saat ini aman dan sehat.

Saat ditanyai, kapan rencana akan pemulangan warga kawanua dari wamena, Steven menegaskan bahwa, rencananya akan dilakukan pada hari Kamis (10/10/2019).

Sebagai langkah yang sudah diambil Pemerintah, Kandouw menyebutkan Pemprov Sulut, telah menugaskan Badan Kesbangpol dan Biro Pemerintahan serta Dinas Penanggulangan Bencana untuk mengawal warga Sulut di lokasi pengungsian.

“Instansi yang ditugaskan sudah melaporkan bahwa semua warga asal Sulut di Wamena dalam keadaan aman dan sehat,” ujarnya.(dkl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *