Pemkab Aceh Tamiang Melaksanakan Penyuluhan Penggunaan Bahasa Indonesia Baik & Benar Di Ruang Publik

oleh -3 views

Global Investigasi news co.id Aceh Tamiang – Bupati Aceh Tamiang yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum, Adi Darma, membuka kegiatan Penyuluhan Penggunaan Bahasa Indonesia pada Media Luar Ruang, Kamis (10/10/19) . Kegiatan bertempat di Aula Sekretariat Daerah Kabupaten Aceh Tamiang. Kegiatan yang digagas oleh Balai Bahasa Aceh ini difasilitasi oleh Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu, dan berlangsung selama satu hari yang diikuti oleh 30 (tiga puluh) peserta yang berasal dari ASN dan para pelaku usaha periklanan.

Membacakan sambutan Bupati Aceh Tamiang, Adi Darma menyampaikan ucapan terima kasih kepada Balai Bahasa Aceh atas terselenggaranya penyuluhan tentang penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Adi menyebutkan, penggunaan bahasa sesuai Ejaan Bahasa Indonesia mestinya sudah diterapkan pada media-media luar ruang dalam Kabupaten Aceh Tamiang.

Pelaksanaan kegiatan hari ini, ungkap Adi Darma, yakni memberikan informasi tentang bagaimana seharusnya kita dapat memanfaatkan penggunaan media-media dengan bijak dan sesuai dengan memperhatikan kaidah dan tata bahasa Indonesia.

“Penggunaan Bahasa yang tertuang dalam iklan harusnya dipenuhi kaidahnya sesuai tata bahasa yang berlaku, karena media luar ruang berisi informasi, jadi ia mesti disampaikan dengan bahasa yang tertata dan menarik sehingga pesannya tersampaikan pada masyarakat”, pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Balai Bahasa Aceh yang diwakili oleh Zainun, selaku Koordinator Acara, dari Bidang Penelitian, Balai Bahasa Aceh dalam laporannya mengatakan, fenomena yang berkembang saat ini kurangnya minat masyarakat untuk mengembangkan bahasa Indonesia dan melestarikan bahasa daerah.

“Kita punya andil bersama dalam mengembangkan Bahasa Indonesia dan melestarikan Bahasa Daerah, bukan bahasa Asing. Kita belum punya tekad untuk menjadikan Bahasa Indoensia menjadi Bahasa Internasional, karena kita tidak merasa bangga dengan yang kita miliki”, ungkap Zainun.

Fenomena inilah yang tengah terjadi di kalangan luas masyarakat, terang Zainun. Masyarakat lebih merasa bangga dengan menggunakan bahasa asing. Dijelaskan juga olehnya, kegiatan ini merupakan turunan dari program Pengembangan Bahasa dan Pembukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan agar melestarikan Bahasa Indonesia.

Zainun berharap, penyuluhan ini mampu memberikan informasi, pengetahuan kepada orang banyak untuk berbenah dalam melestarikan bahasa daerah dan mengutamakan Bahasa Indonesia di ruang publik.

Pada Penyuluhan ini menghadirkan Nara Sumber dari Bidang Penelitian Balai Bahasa Aceh, Iskandar Syahputera, dan M. Mahyaruddin, selaku Kepala DPMPTSP Kabupaten Aceh Tamiang. (E)

Sumber : Humas Sekdakab Aceh Tamiang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *