Kabid Pengelolaan Perpustakaan Lombok Tengah Tingkatkan Minat Baca Kalangan Muda & Pelajar

oleh -0 views

Ginewstvinvestigasi ■ Loteng – Kabid pengelolaan perpustakaan Lombok tengah Tingkatkan pengetahuan, kesejahteraan nmeningkatkan minat baca masyarakat, terutama kalangan muda dan pelajar di Lombok tengah.

Kabid pengelolaan perpustakaan Drs. H. Abdul azim M.H Menuturkan,”
Perpustakaan di lombok tengah kita ingin merubah paradigma lama ingin merubah pandangan masyarakat tentang di mana dulu paradigma lama itu orang menganggap menilai perpustakaan itu hanya sebagai tempat gudang menumpuknya buku.Sehingga Masyarakat menganggapnya sebagai gudang buku tempat membaca buku saja.

” Dalam aturan yang baru dalam undang-undang tahun 2007 tentang perpustakaan ada pasal yang menyebutkan fungsi perpustakaan fungsi secara umum empat fungsi pendidikan. kemudian fungsi informasi fungsi pelestarian budaya dan fungsi rekreasi.

“Atas adanya paradigma itu sehingga ada namanya program perpustakaan melalui institusi sosial.

“Sehingga Banyak sekali kegiatan dan tempat menampung semua jenis kegiatan dari masyarakat tidak hanya tempat membaca saja, bisa menari bisa melukis bisa menyanyi Bisa apa saja hingga sekarang, berbagai sarana untuk menampung semua kegiatan masyarakat kita ingin ya masyarakat itu datang tidak hanya membaca, untuk melaksanakan kegiatan di bidangnya masing-masing kita punya sarana.

“Untuk itu masyarakat sekarang Jangan hanya memandang kegiatan untuk semua jenis mari kita sama-sama meningkatkan pengetahuan, kesejahteraannya.

“Bisa juga kursus bahasa Inggris, kursus menggambar, kursus menari dan lain.

“Kalau ada kegiatan-kegiatan Katakanlah seperti kegiatan Rakernas kemarin secara penuh dilibatkan meminta kata kalau misalnya untuk acaranya ditampilkan juara lomba hadroh di dalam momen tingkat nasional itu, menunjukkan adanya sambutan yang bagus dari itu Jadi sekarang ada pergeseran pandangan masyarakat.

“Tempat untuk berkegiatan mengembangkan diri kegiatan yang diadakan di desa, semintara di desa sekitar langkah pembinaan perpustakaan Desa, perpustakaan komunitas namanya.

“Sekarang ada 50 lebih komunitas gerakan yang ada di Lombok tengah hingga sekarang ada namanya forum perpustakaan komunitas, itu yang kita bilang ini semua untuk mendekatkan kepada masyarakat. sekarang masyarakat tidak hanya bisa membaca di perpustakaan daerah kabupaten, tapi bisa di lingkungannya masing-masing itu ada agennya di Desa.

( KanciL )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *