Tradisi Mandi Sa’far Sudah Menjadi Suatu Warisan Budaya

oleh -4 views

DABO SINGKEP
Mandi safar satu Warisan Budaya yang telah menjadi suatu ritual masyarakat, melakukan doa seperti tolak bala, Mandi Safar memang sampai sekarang sudah menjadi acara di mana masyarakat melakukan berbagai cara, untuk menghindari dari segala musibah, Rabu (16/10/2019) 

Pak Awang salah orang tokoh masyarakat, saat di temui awak media di kediaman nya, ” Ia menceritakan tentang apa tujuan guna dari mandi safar tersebut.

Safar ” di mana telah tersebut bulan yang sangat penuh rintangan serta berbahaya di mana – mana apa sudah masuk bulan safar masyarakat mulai terlihat sibuk melakukan mandi safar untuk mendoakan supaya terhindar dari Mala petaka bahaya di bulan tersebut.

Pak Awang menambah kan lagi cerita yang telah di sampaikan nya ini, cerita -cerita dari zaman  orang tua dulu – dulu nya menceritakan hal tersebut kepada nya.” Tutur pak Awang.

Di mana waktu dulu nya di setiap sudah masuk bulan safar antusias masyarakat melakukan ritual tradisi mandi safar di tempat yang berbeda bersama keluarga.” Ungkap nya lagi.

Masyarakat kabupaten lingga, terkhusus dabo Singkep di mana masyarakat dabo melakukan mandi safar di tempat ofjek wisata, seperti tempat memandian batu ampar, dan pemandian air panas.” (Iswandi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *