Dinas Pendidikan Singkil Adakan Pelatihan Operator Sekolah

oleh -10 views

Ginews ■ Aceh Singkil – Untuk menyukseskan program perancanaan Pendidikan Nasional dalam mewujudkan insan Indonesia yang Cerdas dan Kompetitif, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Singkil melaksanakan pelatihan bagi operator sekolah SD dan SMP.

Acara pelatihan dilaksanakan di Gedung Kesenian Pulo Sarok Kecamatan Singkil Kabupaten Aceh Singkil, Rabu 16/10/2019.

Peserta yang mengikuti sebanyak 147 Orang terdiri dari Operator Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama, se Aceh Singkil yang dilaksanakan selama 3 hari sejak tanggal 16 sampai dengan 18 Oktober 2019, dibuka langsung Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Singkil Yusfit Helmi.

Ranto Kabid Pembinaan, Ketenagaan dan Data mengatakan acara ini acara yang diperuntukan untuk tenaga Operator Sekolah mengenai Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

” Tujuan utama agar operator memahami terkait operasional data pokok pendidikan, serta terfalidasinya data sarana dan prasarana Sekolah pada Dinas,” kata Rinto.

Saat ini yang sudah meregistrasi ikut pelatihan ada 132 Operator yang akan dibagi dua jona, jona satu ada di Singkil untuk pelatihannya, sedangkan jona dua akan dilaksanakan di Kecamatan Gunung Meriah tapatnya di SDN 3 Rimo. Namun sebelum itu mereka akan diundang dulu kepembukaan acara ini.

Sementara itu Khalilullah Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menambahkan, ketika berbicara pendidikan tentu saja tidak terlepas dari manusianya yang mengelola pendidikan secara profesional baik itu formal maupun informal.

” Dapodik adalah sistem pendataan skala Nasional yang terpadu merupakan sumber data utama Pendidikan Nasional, dan bagian dari Program perancanaan pendidikan nasional untuk mewujudkan insan Indonesia yang Cerdas dan Kompetitif,” ucap Khalil.

Menurut nya, tanpa perencanaan pendidikan yang matang, maka seluruh program yang terbentuk dari perencanaan tersebut akan jauh dari tujuan yang diharapkan.

Untuk perencanaan pendidikan, maupun melaksanaan program-program pendidikan secara tepat sasaran, dibutuhkan data yang cepat, lengkap, valid, akuntabel dan terus up to date.

“Dengan ketersediaan data yang cepat, lengkap, valid, akuntabel dan up to date tersebut, maka proses perencanaan, pelaksanaan, pelaporan dan evaluasi kinerja program Pendidikan Nasional dapat dilaksanakan dengan lebih terukur, tepat sasaran, efektif, efisien dan berkelanjutan,” imbuhnya.

*(HTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *