PERINGATAN HARI ULANG TAHUN LEGIUN VETERAN REPUBLIK INDONESIA (LVRI) KE – 70 TAHUN 2019 KAB. ACEH TENGGARA

oleh -0 views

Genewstvinvetigasi.com Aceh Tenggara, – Peringatan Hari Ulang Tahun Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Ke – 70 tahun 2019  yang diselenggarakan oleh Pemkab. Aceh Tenggara melalui Bagian Kesra Setda Kab. Acaeh tenggara bekerja sama dengan Minvetcad 06/Kutacane dengan mengusung tema “LVRI Bersama Pemerintah Siap Melanjutkan Pewarisan Nilai-nilai Kejuangan 45 Kepada Generasi Penerus Bangsa”.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun Legiun Veteran Republik Indonesia Ke-70 Tahun 2019 di Kab. Aceh tenggara berupa Upacara Ziarah di TMP Ds. Lawe Sagu Kec. Lawe Bulan dan dan Peringatan yg dilaksanakan hari Senin 21/10 /19 di Ofroom Setda Kab. Aceh Tenggara.

Kegiatan Ziarah di hadiri oleh Kaminvetcad 06/Kutacane an. Mayor Inf Sahrul, Kabag Kesra Setda Kab. Aceh tenggara an. Anwar, SE, Kaur Minvetcad 06/Kutacane an. Kapten Inf Usman, Personel Minvetcad 06/Kutacane dan Para Legiun Veteran Republik Indonesia Kab. Aceh tenggara dengan kegiatan Peletakan Karangan Bunga oleh Kaminvetcad 06/Kutacane an. Mayor Inf Sahrul, Pembacaan Doa oleh Babinsa 04/Babussalam an. Kopda Daman Huri dan Penaburan Bunga oleh Kaminvetcad 06/Kutacane an. Mayor Inf Sahrul diikuti oleh para Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kab. Aceh tenggara

Sementara kegiatan di Ruang Oproom Setda Kab. Agara Jl. Iskandar Muda Dsn. Mandala Ds. Perapat Titi Panjang Kec. Babussalam Kab. Aceh tenggara dihadiri oleh Wakil Bupati Aceh tenggara an. Bukhari, Ketua DPRK, Agara diwakili oleh Anggota DPRK Agara F-Golkar an. Samsuariadi, ST, Dandim 0108/Agara an. Letkol Czi Noor Arif Khusaini, Kapolres Agara diwakili oleh Kabag Sumda Polres Agara an. Kompol Rabusat, Kepala Kejaksaan Negeri Aceh Tenggara an. Fitrah, SH, Ketua Pengadilan Negeri Kutacane an. Yusuf Syamsudin, SH, MH, Ketua Mahkamah Syariah Kutacane an. Maman Abdurahman, SH.I, M.Hum, Ketua MPU Kab. Aceh tenggara diwakili oleh Ketua Komisi B MPU Kab. Aceh tenggara an. Tgk. M. Abbas, LC, Asisten II Drs. Ali Surahman, MM, Asisten III, Sudirman, S.Pd, M.Pd, kaba kesra Anwar, SE, Kaminvetcad 06/Kutacane an. Mayor Inf Sahrul, Kaur Minvetcad 06/Kutacane an. Kapten Inf Usman, Para Legiun Veteran Republik Indonesia Kab. Agara, Personel Minvetcad 06/Kutacane, PNS/Staf Bagian Kesra Setda Kab. Agara dan Tamu Undangan.

Dan Laporan Ketua pelaksana oleh Kabag Kesra Setda Kab. Agara an. Anwar, SE, yang intinya adalah Kegiatan Peringatan HUT LVRI setiap tahunnya kita peringati, sedangkan tahun 2019 ini seharusnya dilaksanakan pada tgl 10 Agustus 2019 namun karena berhubung pada tgl 10 Agustus 2019 lalu adalah Hari Raya Idul Adha sehingga kita undur dan kegiatan Peringatan HUT LVRI Tahun 2019 kita laksanakan pada hari ini dengan Dasar Hukum Peringatan HUT LVRI ini adalah Keputusan Presiden RI Nomor 30 Tahun 2014 tentang Hari Veteran Nasional.

Jumlah Legiun Veteran yang ada di Kab. Aceh Tenggara adalah sebanyak 267 Orang dan pada hari ini yang diundang sebanyak 100 Orang, sedangkan untuk penerima bingkisan dari Pemkab. Agara yaitu semua LVRI Kab. Agara (267 Orang).

Dalam kesempatan ini Bukhari Wakil Bupati Aceh Tenggara membacakan Amanat Ketua DPP LVRI, yang intinya sbb :

Tanggal 17-19 OKT lalu kita telah melaksanakan hajat besar Kongres ke 11 LVRI yang menghasilkan keputusan bahwa 5 Tahun kedepan titik pusat LVRI adalah perwarisan Jiwa Semangat Nilai-nilai 1945 disingkat dengan JSN-45 untuk generasi penerus bangsa.

Saya juga telah membentuk susunan organisasi beserta personalianya yang tercantum dalam Surat Keputusan Nomor : Skep-01 / MBLV / XI / 12 / 2017, dalam kepengurusan periode tahun 2017 – 2022 itu juga telah melibatkan Veteran Pembela dan Veteran Perdamaian.

Berdasarkan pemikiran itu maka Peringatan HUT LVRI Ke-70 mengambil tema “LVRI Bersama Pemerintah Siap Melanjutkan Pewarisan Nilai-nilai Kejuangan 45 Kepada Generasi Penerus Bangsa”, dengan tema itu LVRI tetap konsisten menjadi organisasi ini sebagai sumber inspirasi perjuangan bangsa Indonesia yang harus melekat di jiwa anak bangsa.

Kita yakin bahwa dengan semangat JSN-45, bangsa ini secara bersama akan bisa membangun Negara Republik Indonesia untuk mencapai cita-cita kemerdekaan yang diproklamasikan 1945 berdasarkan Pancasila dan berdasarkan Undang-undang Dasar 1945.

Saya menyerukan kepada seluruh Veteran dimanapun berada mari kita bersama-sama mensukseskan tugas yang mulia ini, selain itu saya juga tetap mengharapkan seluruh jajaran LVRI baik di tingkat DPP, DPD, DPC sampai DPR untuk tetap menjalin hubungan dengan jajaran Pemerintah dimanapun berada serta perkuat solidaritas dan selalu berbuat yang terbaik agar Veteran tetap menempati posisi yang terhormat di tengah masyarakat dan selalu menjadi panutan dalam bertindak dan bersikap.

Acara selanjutnya adalah Penyerahan Bingkisan secara simbolis oleh FORKOPIMDA Kab. Agara kepada perwakilan LVRI Kab. Agara, dilanjutkan dengan photo bersama.

Tujuan dari kegiatan Peringatan Hari Ulang Tahun Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Tahun 2019 Kab. Agara tsb yaitu sebagai ajang silaturahmi FORKOPIMDA dan Pemkab. Agara dengan para LVRI yang ada di Kab. Agara.

Dalam Kesempatan ini para LVRI meminta kepada pihak Pemkab. Aceh Tenggara (Wakil Bupati Agara) agar memperhatikan LVRI yang ada di Kab. Aceh Tenggara terutama Kantor Veteran di Kab. Aceh Tenggara yang kondisinya sudah sangat memprihatinkan atau tidak layak lagi.

Wakil Bupati Aceh Tenggara langsung menanggapi permintaan para LVRI bahwa Pemkab. Aceh Tenggara akan menindaklanjutinya serta meminta kepada pihak LVRI Kab. Aceh Tenggara agar mengajukan usulannya tsb sehingga nantinya pembangunan ataupun perehapan Kantor LVRI Kab. Aceh Tenggara dapat dialokasikan pada APBD  Kab. Agara Tahun 2020. (Yusuf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *