Polres Lombok Timur Apel Kesiapan Operasi Zebra Gatarin

oleh -2 views

Ginewstvinvestigasi Lotim ,” Kepolisian Resor Lombok Timur Apel “Ops Zebra Gatarin 2019”  Rabu,23/10/2019.

Operasi zebra akan digelar selama 2 pekan yang dimulai 23 Oktober hingga 5 November mendatang.

Kapolres Lotim, AKBP Ida Bagus Made Winarta saat memimpin apel gelar pasukan Operasi Zebra Gatarin 2019 di Polres Lotim,

Dalam Operasi kali ini akan mengedepankan kegiatan penegakan hukum lalu lintas yang humanis, modern dan berbasis elektronik disertai upaya preemtif guna mewujudkan ketertiban berlalu lintas.

” Pasca pelantikan presiden dan wakil presiden serta menjelang pergantian tahun.

Dalam amanat Kapolda NTB yang dibacakan Kapolres Lotim saat apel gelar pasukan tersebut disampaikan data-data korban laka lantas yang terjadi dalam catatan operasi zebra tahun sebelumnya.

Di mana, jumlah kejadian dan angka fatalitas korban kecelakaan lalu lintas saat pelaksanaan Operasi Zebra 2018 dengan Operasi Zebra 2017 di Polda Nusa Tenggara Barat cenderung meningkat dengan jumlah kecelakaan lalu lintas saat Operasi Zebra tahun 2018 sebanyak 17 kejadian, mengalami peningkatan 2 kejadian atau 5% dibandingkan Operasi Zebra tahun 2017 yang sebanyak 15 kejadian.

Demikian juga jumlah korban meninggal dunia. Saat Operasi Zebra tahun 2018 sebanyak 10 orang, mengalami peningkatan sebanyak 6 orang atau 60 % dibandingkan Operasi Zebra tahun 2017 yang sebanyak 4 orang. Kemudian jumlah korban luka berat saat Operasi Zebra tahun 2018 sebanyak 6 orang, juga mengalami peningkatan sebanyak 2 orang atau 50% dibandingkan periode yang sama tahun 2017 sebanyak 4 orang.

Sementara di wilayah hukum Polres Lotim korban kecelakaan lalu lintas saat pelaksanaan Operasi Zebra tahun 2018 sebanyak 4 kejadian mengalami penurunan 3 kejadian atau 42,9% dibandingkan Operasi Zebra tahun 2017 yang sebanyak 7 kejadian. Sedangkan, korban meninggal dunia saat operasi zebra tahun 2018 sebanyak 2 orang mengalami peningkatan sebanyak 1 orang dibandingkan operasi zebra tahun 2017 yang hanya 1 orang.

Adapun, jumlah korban luka berat saat operasi zebra tahun 2018 nihil, tidak mengalami peningkatan maupun penurunan dibandingkan periode tahun 2017.

Dengan memperhatikan data-data di atas, perlu adanya evaluasi agar pada pelaksanaan Operasi Zebra tahun 2019, angka kecelakaan dan fatalitas korban laka lantas dapat ditekan dan lebih rendah dari Operasi Zebra tahun 2018.

Ditambahkan Kapolres, Operasi Zebra Gatarin 2019 ini merupakan Operasi Cipta Kondisi menjelang tahun baru. Dan mengingat di lapangan bahwa masih banyak dilihat pemandangan-pemandangan di jalan raya yang mempertontonkan arogansi pengendara dan beberapa ketidak tertiban lainnya. Seperti, masih terlihat masyarakat yang tidak menggunakan helm, anak-anak sekolah yang masih naik di kap mobil saat naik kendaraan umum. Semua itu harus menjadi perhatian petugas saat melakukan operasi. Karena tindakan-tindakan tersebut dapat berakibat fatal saat terjadi kecelakaan lalu lintas

Senada dengan Apa yang disampaikabn Kapolres Lotim, KAsubbag Humas berharap semoga dengan adanya Operasi Zebra yang akan digelar selama Dua Pekan kedepan dapat menurunkan angka kecelakaan, diharapkan juga kesadaran Masyarakat dalam berkendara dapat meningkat. Pungkasnya. 

( KanciL )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *