Bupati Aceh Tamiang Membuka Sosialisasi & Simulasi Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) Berbasis Elektronik

oleh -0 views

Global Investigasi news co.id ■ Aceh Tamiang – Senin (28/10/19) Bupati Aceh Tamiang, Mursil, SH, M.Kn., membuka Sosialisasi dan Simulasi Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Kabupaten Aceh Tamiang Berbasis Elektronik. Kegiatan diselenggarakan oleh Bagian Tata Pemerintahan Setdakab Aceh Tamiang ini mengundang pembicara dari Kota Bandung, yakni Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setdako, Pagat Risjanuar Passa. Dibuka sekira pukul 10.30 WIB, dijadwalkan, pelaksanaan Sosialisasi dan Simulasi digelar selama 2 (dua) hari, yakni 28-29 Oktober 2019, di Aula Setdakab Aceh Tamiang.

Bupati Mursil dalam arahannya menjelaskan, penyusunan LPPD Kabupaten Aceh Tamiang dengan berbasis elektronik merupakan pertama kali dilakukan oleh Daerah dan Kabupaten/Kota di Aceh. Ia menyebutkan, sosialisasi dan simulasi dilakukan untuk meminimalisir kesalahan saat mengimplementasinya.

“Untuk menghidari hal tersebut, maka hari ini kita hadirkan pakar-pakar dalam menyusun laporan ini, guna meminimalisir kesalahan-kesalahan yang ada,” tuturnya.

Bupati meminta kepada seluruh ASN yang ditugaskan dapat mengikuti pelaksanaan Sosialisasi dan Simulasi ini benar-benar serius dan khidmat. Tujuannya, agar ke depan dalam penyusunan laporan dimaksud, tidak terkendala dan disampaikan sesuai batas waktu yang telah ditentukan serta mengharapkan hasil akhir yang positif untuk daerah.

“Sekali lagi kami instruksikan kepada seluruh para Kepala OPD agar segera membuat terobosan, gagasan, dan inovasi di masing-masing Intansi guna percepatan penerapan Konsep Smart City dan E-Government di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Tamiang serta meningkat kualitas kinerja dan pelayanan kepada masyarakat serta memangkas birokrasi,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bagian Tata Pemerintahan, Husaini, selaku Ketua Panitia menyampaikan bahwa Pelaksanaan Kegiatan Sosialisasi dan Simulasi ini diselenggarakan guna melatih kemampuan pejabat yang telah ditunjuk dari setiap OPD dalam menyusun Laporan rutin tahunan yang disusun setiap awal tahun berjalan untuk laporan tahun anggaran sebelumnya dengan berbasis elektronik.

Sementara itu, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Kota Bandung, Pagat Risjanuar Passa, membacakan sambutan Wali Kota Bandung, Oded Mohammad Danial, menyampaikan apresiasi atas usaha Pemkab Aceh Tamiang menyajikan LPPD berbasis elektronik.

“Saya atas nama Pemerintah Kota Bandung mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Bupati Aceh Tamiang, yang sudah mengundang kami untuk hadir dalam rangka berbagi inovasi, terutama yang berkaitan dengan penyusunan LPPD, di mana Kota Bandung sejak tahun 2017 yang lalu sudah mengaplikasikan secara elektronik,” ucapnya.

Pagat menjelaskan, bahwa e-LPPD adalah aplikasi pengisian LPPD secara elektronik. Data LPPD dimasukkan ke aplikasi daring (online) baik besaran nilainya maupun data pendukungnya.

Ditambahkannya, sebelum adanya LPPD, Kota Bandung dihadapkan pada beberapa permasalahan seperti form yang tidak terkoordinasi, penanggung jawab tidak jelas, progres kelengkapan data tidak terpantau dan lain sebagainya. Namun setelah hadirnya LPPD, pengkoordinasian menjadi lebih baik.

“Tentu saja saya berharap kedatangan kami tidak sekedar hanya memaparkan dan memperkenalkan aplikasi e-LPPD, tetapi juga dapat menghadirkan semangat sehingga aplikasi e-LPPD ini dapat diaplikasikan untuk mengoptimalkan penyususunan LPPD di Kabupaten Aceh Tamiang,” jelasnya.

Hadir dalam pembukaan kegiatan ini Wakil Bupati,Tengku Insyafuddin, ST., para Asisten dan Staf Ahli di lingkungan Setdakab, para Kepala Perangkat Daerah, narasumber Bimbingan Teknis dari Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Bandung, para peserta Sosialisasi dan Simulasi dari seluruh OPD dalam Kabupaten Aceh Tamiang. (E)

Sumber Humas Sekdakab Aceh Tamiang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *