Sejumlah Hewan Ternak Diamankan Satpol PP & WH Aceh Singkil

oleh -2 views

Ginews – Aceh Singkil ■ Petugas Satpol PP dan WH kabupaten Aceh Singkil Menangkap hewan ternak yakni Kerbau 26 dan Sapi 8 (Lembu) ekor, Selasa 29/10/2019.

Penertiban itu lantaran kerbau dan Lembu tersebut berkeliaran di jalanan Raya sehingga dapat membahayakan pengguna jalan.

Sekretaris SatPol PP dan WH Aceh Singkil Syahmidar, Saat di konfirmasi Media, mengatakan bahwa penertiban ini karena adanya laporan masyarakat yang sudah merasa sangat resah dengan hewan – hewan ternak yang berkeliaran di jalanan dan masuk ke pekarangan rumah penduduk.

Sebelumnya Bupati Aceh Singkil dan Sekretaris Daerah ( Sekda) sudah pernah memperintahkan, Tentang penertiban hewan ternak berkeliaran di jalan yang meresahkan masyarakat. ,” Jelasnya.

“Selanjutnya Kerbau dan Lembu dalam kegiatan Penertiban itu sementara diamankan dihalaman kantor Satpol PP menunggu pemilik datang untuk mengambil hewan ternaknya.

Selain keluhan masyarakat, Penertiban hewan ternak berkeliaran dijalan raya Aceh Singkil merupakan upaya menghindari peristiwa kecelakaan lalu lintas, terutama di malam hari,”kata syahmidar.

Ia juga menambahkan untuk Sangsi bagi pemilik hewan ternak tersebut sementara kami memberikan Denda 50 ribu atau dikurung selam 3 bulan sesuai Qanun Nomor 4 Tahun 2003 Tentang Penertiban Pemeliharaan Hewan Ternak dalam Wilayah Kabupaten Aceh Singkil.

Dan apabila terulang kembali kami memberikan Perjanjian terhadap pemilik hewan ternak supaya berjanji tidak akan mengulangi pelanggaran yang membiarkan ternaknya berkeliaran dijalan, diperkarangan Rumah Penduduk, halaman rumah Ibadah Masjid atau Mushola, Serta fasilitas Umum lainya. ” Tegas Syahmsidar.

Karena telah melanggar Qanun Nomor 4 tahun 2003 tentang hewan ternak, Apabila melanggar lagi akan membayar denda 200 ribu per ekor dan ditambah pemeliharaan selama penahanan 100 ribu per ekor sehari,” tambahnya.

*(HTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *