Joni Sekjen Lembaga KPK TIPIKOR : Dengan Harga Sebesar itu Ada Dugaan Pembengkakan Biaya Pembuatan Tenda

oleh -0 views

Ginewstvinvestigasi.com ■ OKU Timur – Badan Usaha Milik Desa ( BUMDES ) yang ada di Desa Tumi Jaya Kec. Jaya Pura Kab. Oku Timur yang berdiri sejak tahun 2017 yang Bermodalkan Awal di kucurkan dari Dana Desa ( DD ) sebesar Rp. 116000.000,00- juta untuk Modal Pembuatan Usaha Tenda.

Menurut keterangan Bendahara dan Sekretaris BUMDES Desa Tumi jaya Saat di Konfirmasi Oleh TIM Lembaga KPK TIPIKOR. Tanggal 24 – 09 – 2019 yang lalu.

Dari dana awal berdirinya dana BUMDES sebesar Rp 116 juta di gunakan untuk membuat Beberapa Unit ( Plong ) TENDA dari dana tersebut digunakan untuk membuat Tenda Panggung seharga Rp. 11000.000,00 Juta Per satu Unit ( Plong ) nya sebanyak 2 Unit ( Plong ) dan Pembuatan Tenda Tamu Seharga Rp. 8500.000,00 Per Unit ( Plong ) nya sebanyak 8 Unit ( Plong ) dan di Tambah lagi 1 Unit Tenda penerima Tamu dng ukuran 3 X 3 Meter.

Dalam hal pembuatan Tenda tersebut menurut Sekjen Lembaga KPK TIPIKOR Joni dengan Harga Sebesar itu dan dari pembuatannya di Blitang ada Dugaan Pembengkakan Biaya pembuatan Tenda Tersebut.

Padahal Kalau Buat di Martapura Harganya bisa lebih murah dan itu Sudah VIP. Sementara Tenda yang di Klola Oleh BUMDES TUMI JAYA itu Hanya Kelas Tenda Standar.. itu malah bisa lebih murah. Bukan Hanya itu.. untuk Masyarakat Desa Tumi jaya di kena Kan Tarif Sampai Rp.120.000 Per Unit nya. Jelas Sekjen Lembaga KPK TIPIKOR. dan di jelaskan lagi Oleh Bendahara BUMDES Tumi jaya Bahwa BUMDES menerima Kucuran Bantuan Modal dari Pemerintah Desa ( PEMDES ) untuk usaha Sewa Pakai Tenda di Tahun Anggaran 2017 Rp 116 Juta dan di Tahun 2018 di Tambah lagi Sebesar Rp.30.000.000 juta Bila di Total dari tahun 2017 sampai 2018 Modal BUMDES desa Tumi jaya sebesar Rp 146.000.000. juta Bendahara BUMDES Tumi Jaya Menjelaskan Bahwa Sejak Berdirinya BUMDES dari Tahun 2017 belum ada Pemasukan KAS BUMDES di Tahun 2018 usaha BUMDES tersebut Baru Mendapatkan Pemasukan KAS BUMDES di tahun 2018 Baru ada pemakaian 45 kali dalam satu tahun nya itu pun Rata² di pakai untuk masyarakat Tumi Jaya ada pun Harga sewa nya 125 Ribu per Unit dan di tahun 2019 ini belum bisa di simpulkan sebab dalam pembukuan harus di Ahir Tahun jelas Bendahara BUMDES Tumi jaya kec Jaya Pura Kab Oku Timur. Dari penjelasan Bendahara BUMDES Tumi jaya TIM KPK TIPIKOR Menyimpulkan Bahwa dalam pembukuan BUMDES dari awal berdiri sampai sekarang Ada Dugaan dan kejanggalan nya.. dari pembuatan Tenda yang begitu besar dan apa itu tidak terlalu Mahal.. kalau di Martapura bisa Buat dengan kualitas Bagus dan harga nya lebih Murah kenapa harus ke. Blitang. Dan itu harga nya sampai 11 juta dan 8,5 jt Sementara bisa di lihat dari Kuwitansi nya. Dalam hal ini Tim KPK TIPIKOR yang di Konfirmasi oleh Awak Media GiNesw Tv investigasi mengatakan bahwa Selaku Kontrol Sosial meminta kepada Dinas terkait agar dapat mengawasi jalannya usaha BUMDES desa Tumi Jaya agar tepat sasaran. bila ini ada sifat nya penyimpangan agar dapat di Tindak lanjuti. ( Tim KPK TIPIKOR )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *