Bupati Aceh Singkil Tidak Ijinkan Pengadaan Tanah Bila Tidak Jelas Penganggaran & Peruntukanya

oleh -0 views

Ginews Aceh Singkil, Dalam rangka mengoptimalkan pelayanan, Dinas Pertanahan Aceh Singkil melakukan pelatihan Aplikasi Geografhic Information System (GIS) untuk mempermudah diberbagai bidang pekerjaan serta persoalan keuangan, di Aula Hotel Island Desa Pulo Sarok Aceh Singkil, Senin 11/11/19.

Acara pembukaan pelatihan GIS dihadiri oleh Bupati Aceh Singkil Dulmusrid, Asisten bidang Admintrasi Safitri Dharma, dan peserta dari SKPK Aceh Singkil.

Kepala Dinas Pertanahan melalui Kabid Pengukuran Harfin menjelaskan bahwa pelatihan GIS adalah untuk mempermudah penyelesaian yang rumit yang memakan waktu relatif lama.

“Dengan hadirnya aplikasi GIS diharapkan persoalan masalah pemetaan menjadi lebih mudah dan efisien, dimana GIS memiliki peranan penting dalam berbagai bidang pekerjaan,” ucap Harfin.

Untuk menguasai aplikasi GIS secara khusus tentu memerlukan kemampuan sumber daya manusia dan fasilitas alat yang memadai. Hal ini guna untuk memperoleh hasil pengolahan yang baik dan optimal.

Ia menambahkan bahwa acara pelatihan ini melibatkan 25 orang yang diundang dari instansi yang membidangi bagian pertanahan dengan mendatangkan narasumber dari BPS.

Sementara itu Bupati Aceh Singkil Dulmusrid, Dalam pidatonya menuturkan bahwa dengan adanya pelatihan ini diharapkan tidak adalagi persoalan sengketa tanah Pemeritah dengan masyarakat.

“Dengan banyaknya tanah pemda bermasalah saat ini, diharapkan kedepan tidak adalagi persoalan ini terdengar,” ucap Dulmusrid.

Dalam setiap sengketa pertanahan pihak terkait harus terus memberikan laporan, apalagi mengenai pembelian tanah itu harus jelas.

“Sebenarnya saya sangat jengkel banyaknya laporan mengenai Pengadaan tanah yang bermasalah. Pembelian tanah harus jelas karena ini adalah kepentingan Daerah,” tegasnya.

“Sekali lagi saya beritahukan, Apabila Dinas melakukan pengadaan tanah harus jelas untuk apa, dan bagaimana harga ganti ruginya.

Harus disesuaikan dengan wilayah pengadaan, dengan mendatangkan staf ahli untuk mengetahui harga tanah di lokasi tersebut bila perlu tanyakan kepada Kepala Desa bersangkutan,” tambahnya

Ia menegaskan, jika tidak jelas pengadaanya tidak akan diizinkan, apalagi anggaranya bersifat gelondongan. Di akhir pidatonya Bupati Aceh Singkil resmi membuka pelatihan GIS yang direncanakan selama 5 hari.

*(HTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *