Polres Barito Utara Amankan Pelaku ILLEGAL LOGGING

oleh -8 views

Muara Teweh ■ GI News – Pada hari sabtu tanggal 5 Nopember 2019 sekira jam 23.30.Wib di jalan Negara Muara Teweh Benangin, Km.32, Desa Sikuy, Kecamatan Teweh Baru, Kab. Barito Utara.

Pelaku diduga melakukan Tindak Pidana dibidang Kehutanan, jalannya kejadian saat anggota unit tipiter melakukan operasi wanalaga di Desa Sikuy, Kecamatan Teweh Baru, Kabupaten Barito Utara.

Adapun kronologis kejadian saat anggota melakukan patroli wanalaga melihat ada mobil Pick Up Warna Hitam melaju dari arah benangin selanjutnya anggota Polres Barito Utara yang melakukan patroli mau memberhentikan mobil Pick Up tersebut, namun pelaku langsung menancap gas dan kabur.

Selanjutnya terjadilah kejar-kejaran antara anggota Polres Barito Utara dengan sopir mobil Pic up tersebut, berhasil memepet kepinggir jalan sampai mobil tersebut berhenti

Kapolres Barito Utara AKBP Dostan Matheus Siregar melalui Kasat Reskrim AKP Kristanto Situmeang dalam rilisnya kepada wartawan membenarkan bahwa pihaknya mengamankan pelaku terduga ilegal logging.

“Pengakapan pada saat anggota melakukan operasi wanalaga menemukan mobil pick up dan setelah dipemeriksa mobil Pick up di bak belakang terdapat sebanyak 123 keping kayu jenis ulin dengan berbagai jenis ukuran yang tidak dilengkapi dengan dokumen Surat Keterangan sahnya hasil hutan kayu yang dikeluarkan oleh pihak yang berwajib” ujar Kristanto.

atas kejadian tersebut pelaku dan barang bukti diamankan Kepolres Barito Utara.
Dari penangkapan tersebut diketahui ternyata pelaku juga merupakan DPO Polsek Bantian, Polres Kutai Barat Polda Kalimantan Timur dalam perkara Curas dan residivis Illegal logging

Adapun pasal yang dilanggar
Pasal 83 ayat (1) huruf b Jo Pasal 12 huruf e UU RI Nomor 23 tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan.(Bbg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *