Wabup Himbau Masyarakat Waspadai Gempa Susulan

oleh -2 views

Globalinvestigasinews.co.id. Lumajang, 14 November 2019 — Gempa Tektonik lokal yang terjadi 13 November 2019 di sekitaran kaki Gunung Lemongan menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten Lumajang.

Wakil Bupati Lumajang, Ir. Indah Amperawati, M.Si., saat mengunjungi lokasi dampak gempa di Desa Sumberpetung Kecamatan Ranuyoso, Kamis (14/11/2019) mengatakan pemerintah telah memberikan himbauan kepada masyarakat lebih waspada. Pemerintah juga menyediakan tenda darurat untuk pengungsian mengingat hari ini menurut masyarakat setempat telah terjadi empat kali gempa susulan.

“Kita siapkan tenda pengungsian agar masyarakat terutama anak-anak bisa tidur di tenda, pak camat dan pak susanto vulkanologi juga siap siaga di lokasi,” ujarnya.

Dari data BPBD Kabupaten Lumajang tercatat ada 12 rumah yang terkena dampak gempa berupa retakan pada lantai maupun dinding rumah warga.

Melalui BPBD Kabupaten Lumajang, pemerintah juga memberikan bantuan berupa selimut, makanan siap saji dan air mineral serta kebutuhan lainnya.

Ditemui dilokasi yang sama, Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Lemongan, Susanto menjelaskan bahwa terjadinya gempa tersebut merupakan akibat cesar tektonik yang aktif kembali. Hal itu merupakan rentetan tahun 2012 lalu. (Had)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *