SISKEUDES Kaur Keuangan Desa Selampura Dipersoalkan, Pihak Berwenang Diminta Memanggil Penyelengara

  • Bagikan

Ginewstvinvestigasi.com ■ Lampung utara, – Siskeudes yang dilaksanakan pada tangal 22 juni sampai 24-2019, di hotel bukit randu bandar lampung, yang mana telah dilaksanakan oleh pihak penyelengara/EO event organizer. dari kegiatan iyalah, Ujang saprudin selaku Ketua dan Gunandar selaku bendahara, di ikuti ole kaur keuangan desa sekabupaten Lampung Utara 232 desa, besar nya anggaran yang di keluarkan dari Dana Desa (DD) tahun 2019 Rp: 3.5 juta.

hasil dari kegiatan tersebut dipertanyakan? dengan mengunakan dana yang peruntukan nya jelas untuk pembangunan insepertruktur dan peningkatan SDM desa tertingal.

 jika memang hasil dari siskeudes maksimal, itu tidak menyalahi perosedural. akan tetapi jika program itu gagal yang akan bertangung jawab siapa?

dengan pakta yang ada dilapangan sampai saat ini bendahara desa sebagian besar masih belum bisa menginput APBDES, serta membuat Rancangan Anggaran Biaya (RAB) dengan garis besar kegiatan siskeudes tangal 22 juni sampai 24-2019, di hotel bukit randu bandar lampung tidak mendapatkan manpaat, “besar dugaan kegiatan tersebut sebagai lahan bisnis.” (13/11/2019).

Salah satu peserta siskeudes yang nama engan di publikasikan ketika di konfirmasi mengatan, saya ikut dalam bimtek itu pak tapi saya masih belum paham dengan materi dikarnakan tidak bisa pokus dalam kegiatan itu. dalam satu ruangan terlalu ramai pak. “sekarang perbandingan saja baik di sekolah dasar SD sampai Perguruan tinggi itu per ruang nya di batasi agar bisa menyerap materi yang di berikan, keluhnya. 

Salah satu narasumber mengatakan,

Gunandar selaku bendahara siskeudes, ia pula Seketaris salah satu desa, diduga ia mengerjakan SPJ beberapa desa serta ia merangkap menjadi konsutan, salah satu perbuatan yang melangar peraturan mengarah ke tindakan melawan hukum, iyalah konsultan mengerjakan SPJ pula itu mas, beber sumber.

“SPJ yang di kerjakan oleh konsultan mempunyai bandrol mencapai puluhan juta rupiah,” dan konsultan terindikasi mempunyai cara melakukan manipulasi angaran dengan memayinkan laporan/SPJ

Konsulta tidak di perbolehkan mengerjakan SPJ ,konsultan hanya bisa membuat rancangan seketsa pembangunan dan tikhnis penegerjaan, tutup narasumber kepada media ini.

sampai berita ini ditayangkan Gunandar belum bisa di konfirmasi baik di kantor nya serta melalui henpon peribadi milik nya. (An/RM)

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: