Kolonel Inf. Nazwardi Mengajak Masyarakat untuk Peduli Lingkungan

  • Bagikan

Purwakarta, – Dansektor 13 Satgas Citarum Harum Kolonel Inf Nazwardi Irham memberikan sosialisasi program Citarum Harum kepada masyarakat Desa Sawit Kecamatan Darangdang Kabupaten Purwakarta, Sabtu (24/11).

Program Citarum melalui program percepatan pengendalian pencemaran dan kerusakan daerah aliran sungai Citarum, menuntut kita semua untuk berperan aktif dan turut serta dalam menormalisasi sungai Citarum minimal ikut menjaga lingkungan agar program tersebut dapat terwujud.

Dansektor 13 Kolonel Inf Nazwardi Irham memaparkan bahwa, ” kenapa sih harus ada sosialisasi Citarum Harum. Citarum Harum ini awalnya dipublikasikan oleh wartawan dari Inggris sungai uang terjorok dan terkotor di dunia “.

Kemudian dikatakannya, ” kegiatan Citarum Harum ini langsung dari Presiden sampai mengeluarkan Peratuan Presiden dengan melibatkan empat Menteri Kordinator sebagai pengarah “

Selanjutnya, sekarang beras Kerawang tahan dimasak bisa berapa hari, pagi dimasak sore sudah basi kenapa karena padi saja tumbuhan meminum air yang sudah terkontaminasi berdampak kepada buahnya apa lagi ikan yang jelas-jelas hidup diair, ” urainya.

Kemudian kalau didarat, ” kita lihat hewan lepas atau kambing memakan sampah-sampah, itu tidak layak dikorbankan, makanya sebelum korban ada petugas dari dinas peternakan untuk mengecek hewan itu dan dagingnya terkontaminasi kena penyakit atau tidak, kalau kena berarti tidak boleh dikorbankan agar masyarakat yang menerima tidak terkena penyakit, ” terang Dansektor 13.

Lebih lanjut kata Kolonel Inf Nazwardi, ” kita harus bangga karena Sungai Citarum sebagai pemasok pembangkit listrik untuk Jawa dan Bali, kalau airmya sudah terkontaminasi alat pembangkit listrik generatornya tidak sesuai dengan usianya akan kropos, kalau mati 3 saja seperti kemaren kita sudah merasakan kelabakan “.

Oleh karena itu, ” saya mengajak masyarakat untuk peduli dengan lingkungan kalau bukan bapak-bapak siapa lagi. Jangan mengandalkan Satgas Citarum Harum mereka tidak selamanya ada disini karena sewaktu-waktu personil Satgas bisa kembali ke kesatuannya masing-masing, ” tutur Dansektor 13.

Program Citarum merupakan program Pemerintah yang harus mendapat dukungan oleh seluruh komponen masyarakat dan juga merupakan program yang berkelanjutan dengan kurun waktu yang diberikan Presiden selama 7 tahun, alangkah baiknya program Citarum Harum selesai sebelum pada waktu yang telah ditentukan. (Pendam III/Siliwangi).

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: