Pembangunan Gunakan DD Diduga Ada Mark Up, Pengaduan Masyarakat Desa Siobon Jae Kepada LSM Pelopor “Kades Mementingkan Diri Sendiri ???”

  • Bagikan

ginewstvinivestigasi.com ■ Mandailing Natal Sumut – Pembangunan yang menggunakan dana desa di Desa Siobon Jae Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal diduga keras telah dimark up pada Tahun Anggaran 2019.

Salah satunya bangunan MDA satu unit yang memakai anggaran dana desa sebesar Rp247.461.000 padahal bangunan tersebut ukurannya lebih kurang 6 x 8, belum lama ini ketika salah seorang Koordinator LSM Pelopor hendak mengkomfirmasi bangunan yang ukurannya lebih kurang 6 x 8 namun pekerja tidak ada yang mengetahui, karena yang mengerjakan bangunan MDA tersebut bukan masyarakat desa itu sendiri.

Padahal menurut undang undang No 6 tahun 2014 tentang Dana Desa pengerjaannya tidak bisa dikontra kerjakan, karena dana desa adalah swakekola/padat karya yang mengerjakan adalah masyarakat itu sendiri.

Menurut pengaduan masyarakat Desa Siobon Jae terhadap Koordinator LSM Pelopor,”bahwa kepala desa tersebut mementingkan diri sendiri. Di saat LSM ingjn menjumpai kepala desa namun kepala desa tidak bisa untuk dijumpai.

Karena bangunan MDA tersebut sudah jelas melebihi anggaran, dalam hal ini masyarakat tidak mengetahui mulai dari bangunan fisik sampai pemberdayaan apalagi inventaris desa tidak ada yang diketahui masyarakatnya dan salah satu aparat desa itu sendiri, karena kepala desa mulai dari pembuatan usulan dana kegiatan dana desa sampai ke laporan pertanggung jawaban semua dipekerjakan kepada orang lain atau pihak ketiga.

Untuk itu diharapkan kepada intansi yang membidangi desa terutama kepada Inspektorat supaya dapat mengaudit kembali bangunan MDA yang diambil dananya dari dana desa di Desa Siobon Jae Kecamatan Panyabungan.

Karena bangunan tersebut adalah diduga melebihi anggaran alias dimark up dan selanjutnya pemberdayaan desa mulai dari tahun anggaran 2018 sampai 2019 banyak yang tidak diketahui masyarakatnya sendiri. (St)

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: