Melalui Kegiatan Komunikasi Sosial, Kodim 0117/Atam Melaksanakan Binter Terpadu dengan Komponen Bangsa

  • Bagikan

Global Investigasi news co.id ■ Aceh Tamiang- Dandim 0117/Atam Letkol Inf Deki Rayusyah Putra, S. Sos. M.I. Pol, pimpin langsung kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan komponen Bangsa dalam program Binter Terpadu T.A. 2019, dengan tema “Memberdayakan wilayah Pertahanan melalui kegiatan Binter terpadu guna memantapkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh” bertempat di Aula Makodim 0117/Atam Jln. Lintas Medan- Banda Aceh, Desa. Sungai Liput, Kec. Kejuruan Muda, Kab. Aceh Tamiang. Selasa(26/11/2019).

Dalam sambutan Dandim 0117/Atam Letkol Inf Deki Rayusyah Putra, S. Sos, M. I . Pol.”Ucapan terimakasih dan penghormatan kepada tamu dan undangan di Makodim 0117/Atam, dalam rangka kegiatan Komsos dengan komponen Bangsa di wilayah Kodim 0117/Atam tentang materi Anti Radikalisme.

,”Program Binter terpadu dilaksanakan setiap Triwulan di wilayah Kodim 0117/Atam, tujuan diselenggarakannya kegiatan Binter ini adalah untuk memberikan dan mendengarkan informasi yang akan kami sampaikan kepada warga masyarakat yang berada di wilayah Kodim 0117/Atam, kemudian apa yang diterima di Makodim ini bisa disampaikan di tengah-tengah masyarakat.” Tandas Dandim.

,”Akhir-akhir ini sering kita dengar Radikalisme yang selalu mengatasnamakan Agama ada radikal kanan (Raka) dan radikal kiri (Raki) yang pada akhirnya adalah Terorisme seperti yang terjadi di Prov. Aceh yaitu hasil pengembangan dari kasus gunung salak dan yang bersangkutan adalah eks. Kelompok Jali Janto (B. Aceh).”Ungkap Dandim.

,”Perkembangan kasus Teroris di Kota Medan Sumatera Utara masih dalam pendalaman pihak Kepolisian Sumatera Utara. Tugas TNI – POLRI adalah menyampaikan, mengingatkan kepada masyarakat tentang Radikalisme diharapkan jangan merasa bosan karena era zaman Digital sekarang ini beda dengan zaman dulu yang sungguh sangat jauh berbeda.

Harapan Dandim,”Agar disampaikan kepada lapisan masyarakat, Mahasiswa, Pelajar dan anak-amak generasi muda, karena sering terjadinya pemberitahuan berita bohong (hoaks) melakui Medsos yang bisa meresahkan masyarakat.

Akhirnya,”Ucapan terimakasih dan selamat datang di Makodim 0117/Atam atas nama keluarga besar Kodim 0117/Ayam permohonan maaf yang sebesar-besarnya semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan aman dan sukses.

Kegiatan di lanjutkan materi tentang sosialisasi Wawasan Kebangsaan yang disampaikan oleh Danramil 08/Rtu Kapten Inf Muhammad Said, sedangkan sosialisasi materi paham Radikalisme yang disampaikan oleh Sekretaris Kesbangpol Kab. Atam Surya Luthfi, S. STP.
Menyampaikan.” Potensi Radikalisme dan Terorisme, dan berikut ciri-ciri paham radikal.
Dalam masalah sosial mengklaim hanya teori kelompoknya yang benar dan menyesatkan Orang lain yang tidak sependapat. Demikian juga dalam hal Agama. Mudah mengkafirkan Orang, doktrin, paham, atau praktek penganut paham radikal atau paham ekstrim.

,”Mudah berburuk sangka kepada Orang lain diluar kelompoknya. Kasar dalam berinteraksi, keras dalam berbicara dan sering ucapannya emosional.

,”Potensi Radikalisme bisa muncul dari kebiasaan budaya keras, kasar seperti berpikir pendek, bertindak tanpa perhitungan (terlampau berani dan nekad). Literal dalam memahami teks-teks Agama.
Pengetahuan Agama setengah-setengah melalui proses doktriner. Lemah dalam wawasan sejarah dan sosial. Lebih-lebih mengharamkan.

,”Radikalisme juga bisa muncul terhadap radikalisme lain. Bagaimana cara menghilangkan dan pencegahannya dapat dilakukan oleh pemerintah dengan kearifan lokal, melalui pendekatan Agama. Pemerintah dapat menghilangkan munculnya radikalisme melalui sikap adil, profesional sehingga tidak ada yang kecewa terhadap pelayanan publik.

,”Kearifan lokal dapat memberi contoh dan atau cepat memberikan solusi pada masyarakat yang lain.
Dalam hal Agama harus melihat pada cita-cita Islam sendiri, untuk menciptakan rahmat bagi semesta sekalian alam karena itu generasi muda Islam harus memperluas dan mendalami ilmu Agama.”Tutupnya.

Yang dihadiri. Dandim 0117/Atam) Letkol Inf Deki Rayusyah Putra, S. Sos, M. I. Pol. Para Perwira Staf Makodim 0117/Atam. Para Danramil Jajaran Kodim 0117/Atam. Dandensubpom IM/ 1-6 Lettu CPM. Hafiz. Sekretaris Kesbangpol Kab. Atam Surya Luthfi, S. STP. Para Prajurit Kodim 0117/Atam. Camat Kec. Kejuruan Muda Rusni Devira, S. STP. Camat Kec. Kota Kuala Simpang Aulia. Waka Polsek Kec. Kejuruan Muda Ipda Ramli Ahmad. Ka. KUA Kec. Kejuruan Muda Suhartono, S. Ag. Para toga, tomas dan todat. Para Mahasiswa/Pelajar.(E)

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: