Desa Wisata Nusantara Kategori Berkembang, Desa Kembang Kuning Menjadi Juara ke – 1 Terbaik

  • Bagikan

Ginewstvinvestigasi ■ Lotim – Dalam Perlombaan desa dari 156 Desa seluruh Indonesia, itu berasal dari 96 Kabupaten dan 25 Provinsi Desa Kembang Kuning dapatkan Posisi Ke-10 Kategori Desa Berkembang, Kamis,28/11/2019.

Kadis Pariwisata lombok timur Dr. H. Mugni, S.Pd, M.Pd. Menjelaskan,” Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi bersama kementerian pariwisata menyelenggarakan lomba desa wisata nusantara, berdasarkan pengumuman itu kita dari Lombok Timur mengusulkan dua desa yakni desa Kembang Kuning dan Desa Sembalun.

“Kembang Kuning Menjadi yang Terbaik Desa Wisata Nusantara Ketegori Berkembang
Dari 10 besar yang dinilai dijakarta desa kembang kuning jadi juara SATU (TERBAIK) dari yang 10 kategori berkembang.

” informasi yang kita terima dari Kementerian dari tim penyelenggara negara dari Kementerian desa dan kementerian pariwisata, desa yang ikut dalam perlombaan Desa wisata itu sebanyak 156 desa, dari seluruh Indonesia itu berasal dari 96 kabupaten dan 25 provinsi, dari 156 Desa itu diseleksi ditingkat pusat oleh panitia,dan terdiri lah dari 28 itulah yang divisitasi lapangan oleh tim juri di dalam 28 itu masuk lah Desa kembang kuning.

“Jadi di Ntb itu ada 8 desa yang di usulkan dari beberapa kabupaten.Lombok timur yang berhasil yaitu Desa Kembang Kuning masuk dalam 28 besar inilah yang masuk dalam visitasi oleh tim juri dari akademisi dari kementerian desa dan kementerian pariwisata.

” Kita dapat jadwal visitasi lapangan Pada tanggal 24-26 Oktober 2019 dari hasil visitasi juri itu maka desa desa kembang kuning masuk dalam 10 besar desa wisata dengan kategori berkembang, jadi 28 itu dibagi dua kategori maju dan kategori berkembang. Kembang kuning masuk dalam desa wisata kategori berkembang.

” Kementerian desa bersama kementerian pariwisata mengundang desa, yang masuk dalam 10 besar itu, untuk prsentasi lagi ke Jakarta yaitu di kementerian , desa, dan kegiatan itu dilaksanakan pada tanggal 20 November 2019 yaitu kepala desa kembang kuning di dampingi oleh ketua Pokdarwis didampingi oleh meneger BUMDES ,Kepala Dinas pariwisata bersama Kepala Dinas PMD lombok timur untuk mendampingi Kepala desa kembang kuning.

“Ini sebagai refrensi untuk mengembangkan desa-desa Wisata yang ada di Lombok Timur. saat ini 18 sudah dimasukkan Desa wisata provinsi itu mendapatkan dukungan dana dariprovinsi dari 18 desa wisata yang ada di lombok timu dan kita sudah menetapkan 26 Desa wisata,kita akan terus kembangkan pada tahun yang akan datang sesuai dengan kriteria yang ada, dan bupati lombok timur mengiginkan 5 tahun Masa kepemerintahan, ada sakitar 99 desa wisata yang ada di lombok timur ini yang akan kita kembangkan.Tandasnya Kadis pariwisata lombok timur

( KanciL )

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: