Pembangunan di Zona Lahan Pertanian, Sarbat Wiganda : Seharusnya Pengusaha Bisa Mensosialisasikan Kepada Masyarakat

  • Bagikan

Kamis, 28 November 2019 ■ globalinvestigasinesw.co.id – Warga Kampung Gombang, Desa Sukakerta, Kecamatan Sukawangi mempertanyakan
terkait adanya pembangunan-pembangunan gedung di atas lahan pertanian seluas 3 hektar di wilayah itu.

Pasalnya, banyak warga yang belum mengetahui jelas peruntukan pembangunan gedung tersebut.

Salah seorang warga setempat, Sarbat Wiganda mengatakan, seharusnya pihak pengusaha bisa mensosialiasikan kepada masyarakat untuk apa pembangunan gedung tersebut.

“Kami minta pengusaha kooperatif mensosialiasikan peruntukan pembangunan gedung2 itu,lewat media Plang Proyek atau Mempublikasikan nya kepada masyarakat Terlait Dokumen-Dokumen perizinan nya, Sebab warga berhak mengetahuinya,” Selama ini memang isu memang beredar katanya untuk Bangunan-bangunan akademi atau kampus besar,tapi tetap saja blm jelas karena baru sebatas info yang belum valid,kata Sarbat, Kamis (28/11).

Ditambahkan, saat ini banyak juga keluhan dari warga terkait lalu lalang kendaraan besar yang melintas di wilayahnya. Sehingga dengan demikian, kata dia, warga juga mempertanyakan dokumen perizinan Andalalin (analisis Dampak Lingkungan) pembangunan gedung tersebut.

“Sesuai UU Keterbukaan Informasi Publik, pengusaha juga wajib menginformasikan kepada masyarakat. Karena yang terdampak adalah warga sekitar,” ungkapnya.

Menurut Sarbat, dirinya dan warga lainnya akan mempertanyakan kepada semua pihak terkait, mulai Kepala Desa, Camat hingga ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi guna mendapatkan informasi, apakah pembangunan itu sudah mendapatkan izin dari semua pihak dan tidak melanggar tata ruang di Kabupaten Bekasi.

“Saya bersama warga akan mempertanyakan kepada pihak terkait, apakah pembangunan gedung ini sudah mendapatkan izin dan kalau sudah, apa saja rekomendasi kewajiban-kewajiban pengusaha terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar,” bebernya.

Terpisah, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bekasi Effendi mengaku, belum memeriksa secara detail terkait pembangunan yang dimaksud.

Kendati demikian, kata Effendi, pihaknya akan segera mencari tahu, apakah sudah masuk permohonannya atau sudah dikeluarkan.

“Coba nanti kami cek dulu ya, nanti Di informasikan,” singkatnya. (Chan & Januardi Koordinator Wartawan NKRI)

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: